Home Nasional Momen Wapres Sampaikan Duka Cita kepada PM Jepang dan Istri Mendiang PM Shinzo Abe

Momen Wapres Sampaikan Duka Cita kepada PM Jepang dan Istri Mendiang PM Shinzo Abe

Tokyo, Gatra.com - Usai menghadiri prosesi pemakaman kenegaraan mantan Perdana Menteri (PM) Jepang Shinzo Abe di Nippon Budokan, Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin menghadiri Greetings Occasion untuk menyampaikan ucapan duka cita secara langsung kepada PM Jepang Fumio Kishida dan istri mendiang mantan PM Shinzo Abe, Akie Abe di Istana Akasaka, Tokyo, Selasa (27/9).

“Mewakili pemerintah dan seluruh rakyat Indonesia, saya menyampaikan belasungkawa yang mendalam atas telah berpulangnya mantan PM Abe,” ucap Wapres seperti dikutip dalam rilis.

Lebih dari itu, ia juga menyampaikan apresiasi dan penghormatan atas kepemimpinan PM Abe khususnya dalam meningkatkan hubungan RI-Jepang menjadi Kemitraan Strategis.

“Kontribusi PM Abe telah semakin mempererat persahabatan masyarakat kedua negara. Beliau akan selalu dikenang oleh rakyat Indonesia,” ungkapnya.

Selanjutnya kepada PM Kishida, Wapres juga menyampaikan salam dari Presiden Joko Widodo sekaligus mengharapkan dapat berjumpa kembali pada KTT G20 Bali.

“Semoga dapat bertemu kembali dengan Yang Mulia pada KTT G20 di Bali, November mendatang,” harapnya.

Tidak hanya menyampaikan ungkapan duka cita kepada PM Kishida, pada kesempatan ini Wapres juga menyampaikan ungkapan belasungkawa secara langsung kepada istri mantan PM Shinzo Abe, Akie Abe.

“Ny. Akie Abe, mewakili pemerintah dan seluruh masyarakat Indonesia saya menyampaikan rasa duka cita yang mendalam atas meninggalnya Bapak Shinzo Abe,” ungkap Wapres.

Kepada Akie Abe, Wapres kembali menyampaikan bahwa kepemimpinan dan jasa baik mendiang PM Shinzo Abe akan selalu dikenang oleh bangsa Indonesia, terutama dalam mempererat persahabatan di antara masyarakat kedua negara.

“Izinkan saya menyampaikan salam dari Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana, beserta harapan agar Ny. Abe senantiasa diberikan kesehatan dan kekuatan,” pungkas Wapres.

Sebagai informasi, Greeting Occasion di Istana Akasaka diikuti para kepala negara/pemerintahan yang menghadiri prosesi pemakaman kenegaraan mantan PM Shinzo Abe untuk menyampaikan ucapan duka cita secara langsung.

Adapun penyampaian ucapan diawali oleh PM Fumio Kishida didampingi Kepala Sekretaris Kabinet Matsuno Hirokazu dan Menteri Luar Negeri Jepang Hayashi Yoshimasa, kemudian istri mendiang mantan PM Shinzo Abe, Akie Abe.

Alokasi waktu yang disediakan adalah 1 (satu) menit bagi masing-masing kepala negara/pemerintahan untuk menyampaikan salam dan ucapan duka cita.

41