Home Nasional Astra International Komitmen Berdayakan Masyarakat Lewat Program CSR

Astra International Komitmen Berdayakan Masyarakat Lewat Program CSR

Jakarta, Gatra.com - Head of CSR PT Astra International, Bima Krida Pamungkas menegaskan, pihaknya saat ini berkomitmen untuk terus mealkukan pemberdayaan masyarakat melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) sehingag bisa bermanfaat kepada masyarakat dan pemerintah. 

“Di grup Astra, ada sembilan yayasan yang memang fokus di bidang sosial. Dari sembilan yayasan itu rata-rata bergerak di bidang kewirausahaan, pendidikan, keagamaan dan juga sosial,” kata Bima dalam Press Conference Padmamitra Award 2022.

Head Office Astra International memiliki guideline bersifat umum untuk program CSR-nya. Guideline-nya terdiri dari empat pilar, yakni pendidikan, lingkungan, kesehatan dan kewirausahaan.

Sebagai induk perusahaan, Astra International memperbolehkan masing-masing anak perusahaannya membentuk aktivitas program dari masing-masing pilar. “Misalnya di teman-teman United Tractors begitu punya program di pilar pendidikan, dan program pilar pendidikan tuh menyeluruh. Mulai dari level PAUD, anak usia dini sampai perguruan tinggi dan juga rumah pintar,” jelas Bima.

Selain itu, masing-masing anak perusahaan diperbolehkan memilih program yang ingin dijalankan. “Misalnya saat ini ada yang menggawangi program untuk Vokasi. Nah ini di United Tractor ini Vokasinya juga gencar, jadi highlight program juga,” ujarnya.

Astra Group memang memiliki guideline, namun masing-masing anak perusahaan diperbolehkan untuk membuat hingga menentukan satu program yang menjadi mercusuar atau headline.

“Begitu juga di kami, di Head Office. Kami punya headline program salah satunya tadi. Dari 14 CSR Astra itu yang jadi headline program kami adalah kampung bersih di Astra dan juga periksa kesejahteraan Astra,” ungkapnya.