Home Internasional Jutaan orang di Florida Dipaksa Mengungsi saat Badai Ian Menyerang

Jutaan orang di Florida Dipaksa Mengungsi saat Badai Ian Menyerang

Florida, Gatra.com - Penduduk Pantai Teluk Florida pada Selasa (27/9) merapikan rumah, mengendarai kendaraan mereka dan menuju tempat yang lebih tinggi ketika Badai Ian mendekat, badai tersebut diduga akan mengancam membawa gelombang mematikan dan lebih dari satu kaki hujan ke beberapa daerah.

Ian bergejolak melintasi tepi tenggara Teluk Meksiko menuju Florida setelah ke Kuba pada hari sebelumnya. Meninggalkan seluruh negara tersebut tanpa adanya listrik, memaksa evakuasi massal dan membanjiri desa-desa nelayan.

Lebih dari 2,5 juta warga Florida berada di bawah perintah evakuasi atau peringatan dengan badai yang meluas di jalur untuk mendarat sebagai badai Kategori 3 atau Kategori 4 pada Rabu malam di suatu tempat di sepanjang Pantai Teluk Florida.

Ian kemungkinan besar akan mendarat di selatan Tampa dekat Sarasota, kata National Hurricane Center (NHC). Wilayah itu - rumah bagi bermil-mil pantai berpasir, sejumlah hotel resor, dan banyak taman rumah mobil - adalah favorit para pensiunan dan wisatawan.

"Saya hanya tahu kita harus pergi," kata John O'Leary, pianis jazz dari Tampa, saat dia dan istrinya memuat makanan. , air dan foto keluarga ke dalam mobil mereka sebelum menuju ke rumah ibunya di Palm Harbor, 25 mil (40 km) ke barat.

O'Leary, 36, adalah salah satu dari ribuan pengendara yang menabrak jalan saat mereka melarikan diri dari daerah dataran rendah dengan harapan menghindari gelombang badai yang berpotensi mengancam jiwa yang, menurut peramal cuaca, bisa mencapai 12 kaki (3,7 meter) di daerah Sarasota.

Sementara prediksi tetap tidak tepat di mana badai akan datang, "dampaknya akan jauh, jauh lebih luas daripada hanya di mana mata badai terjadi untuk mendarat," kata Gubernur Ron DeSantis.

DeSantis memperingatkan potensi bencana banjir seperti Badai Harvey yang melanda daerah Houston pada tahun 2017, akibat dari badai yang bergerak lambat menumpuk air yang tinggi.

Bagian dari Florida tengah bisa melihat sebanyak 2 kaki (0,6 meter) hujan dari Ian, menurut National Weather Service. NHC juga mengeluarkan peringatan gelombang badai ekstensif untuk sekitar setengah dari garis pantai barat Florida, dengan prediksi banjir pantai yang mengancam jiwa hingga 12 kaki dari ombak tinggi yang digerakkan oleh angin.

73