Home Kesehatan Hati-hati, Depresi dan Kesepian Bisa Mengakibatkan Penuaan Lebih Cepat, Ini Faktanya

Hati-hati, Depresi dan Kesepian Bisa Mengakibatkan Penuaan Lebih Cepat, Ini Faktanya

New York, Gatra.com – Sebuah penelitian yang baru-baru ini dipublikasikan di Jurnal Aging menemukan bahwa merasa tidak bahagia, depresi atau kesepian bisa mempercepat proses penuaan dibandingkan dari merokok atau bahkan penyakit tertentu.

Meskipun setiap orang memiliki usia berdasarkan tanggal lahir atau yang disebut sebagai usia kronologis, mereka juga memiliki apa yang dikenal sebagai usia biologis.

Istilah terakhir merujuk pada konsep usia berdasarkan penuaan fungsi tubuh, dipengaruhi oleh genetika, gaya hidup, dan faktor lainnya. Penelitian sebelumnya menunjukkan semakin tinggi usia biologis, semakin tinggi risiko berbagai penyakit dan risiko kematian.

Sekarang para peneliti mengatakan mereka telah menciptakan model penuaan digital dan mengungkapkan pentingnya kesehatan psikologis. “Tubuh dan jiwa Anda terhubung, ini adalah pesan utama kami,” kata Fedor Galkin, penulis studi dan ilmuwan utama di startup Hong Kong Deep Longevity seperti dikutip, Kamis (29/9).

Para peneliti di Deep Longevity, Stanford University, dan The Chinese University of Hong Kong, melaporkan bagaimana mereka membangun “jam penuaan” berdasarkan data yang dikumpulkan dari 4.846 orang dewasa pada tahun 2015 sebagai bagian dari China Health and Retirement Studi Longitudinal (CHARLS). Data tersebut meliputi 16 biomarker darah, kadar kolesterol dan glukosa, jenis kelamin peserta dan informasi seperti tekanan darah mereka, indeks massa tubuh dan ukuran fungsi paru-paru.

Tim kemudian membandingkan usia kronologis individu yang diprediksi oleh model dengan usia asli partisipan penelitian. Hasilnya menunjukkan rata-rata perbedaan yakni hampir 5,7 tahun di atas atau di bawah usia asli partisipan.

Tim menemukan bahwa ketika model itu diterapkan pada data CHARLS dari 2.617 orang dewasa Cina lainnya dengan penyakit terkait penuaan, mereka yang memiliki riwayat stroke, penyakit hati, dan kondisi paru-paru diprediksi lebih tua dari 4.451 orang dewasa sehat yang dicocokkan dengan mereka secara kronologis, umur, jenis kelamin, dan tempat tinggal.

Efek rata-rata dari kondisi ini tidak menambahkan lebih dari 18 bulan ke usia yang diprediksi. Namun, tim menemukan pengaruh lain pada laju penuaan. “Kami menunjukkan bahwa faktor psikologis, seperti merasa tidak bahagia atau kesepian, menambah hingga 1,65 tahun usia biologis seseorang,” tulis mereka.

Sementara Galkin mengatakan angka itu adalah perkiraan, penelitian ini menyoroti pentingnya keadaan psikologis dalam seberapa cepat kita menua. "Merawat kesehatan psikologis Anda adalah kontributor terbesar yang Anda miliki untuk memperlambat laju penuaan Anda," katanya.

Tim juga melaporkan bahwa orang yang merokok diperkirakan 15 bulan lebih tua dari rekan-rekan mereka yang tidak merokok, sementara menikah mengurangi usia biologis sekitar tujuh bulan. Orang yang tinggal di daerah pedesaan diperkirakan hampir lima bulan lebih tua dari rekan-rekan perkotaan mereka.

Andrew Steptoe, profesor psikologi dan epidemiologi di University College London, mengatakan penelitian ini adalah salah satu dari sejumlah dalam beberapa tahun terakhir yang menggunakan data berbasis darah dan biometrik untuk menghitung "jam penuaan biologis".

Karya terbaru, tambahnya, menemukan bahwa perasaan seputar depresi, kesepian, dan ketidakbahagiaan dikaitkan dengan penuaan biologis yang lebih lanjut.

“Hasilnya menarik dan menambah bukti yang ada dari Amerika Utara dan Eropa bahwa faktor-faktor seperti stres dan posisi sosial ekonomi rendah terkait dengan percepatan penuaan,” kata Steptoe.

Namun, katanya, tidak mungkin isolasi dan kesepian benar-benar merupakan faktor risiko kesehatan yang lebih buruk daripada merokok, sementara penelitian ini hanya melihat data yang dikumpulkan pada satu titik waktu.

“Para peneliti tidak menindaklanjuti peserta untuk menunjukkan bahwa mereka yang mengalami tekanan psikologis sebenarnya menua lebih cepat,” katanya. “Akan menjadi penting di masa depan untuk menguji apakah prediksi ini terpenuhi dengan mengulangi pengujian selama beberapa tahun,” tambahnya.

85