Home Nasional Survei: Penjabat Gubernur DKI Harus Paham Keberagaman Masyarakat

Survei: Penjabat Gubernur DKI Harus Paham Keberagaman Masyarakat

Jakarta, Gatra.com - Hasil survei lembaga Pusat Data Bersatu (PDB) mengungkapkan tingkat kepuasan terhadap kinerja Gubernur/Wakil Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan wakilnya Ahmad Riza Patria mencengangkan.

"Tingkat kepuasan mencengangkan. Di antara tingkat kepuasan, indikator yang ditangkap hampir 80%. Berita tentang hasil survei menjadi berita yang bikin pening kelompok pembenci Anies," kata pendiri Pridem Center, Priyo Budi Santoso, dalam acara diskusi hasil survei Pusat Data Bersatu (PDB), di Tebet, Jakarta Selatan, Kamis (29/9).

Dalam survei tersebut, kata mantan wakil ketua DPR ini, tingkat kepuasan masyarakat DKI Jakarta terhadap Anies/Riza sejumlah 83,8%. Dari pemetaan responden, rentang usia 17-25 tahun menjadi yang terbanyak dengan 63,2%. Adapun tingkat pendidikan SMA/Sederajat juga menjadi mayoritas responden sejumlah 73,8%.

Baca Juga: Pengamat Sebut Pj Gubernur DKI Terpilih Tak Wajib Tuntaskan Program Anies Baswedan 

"Dari seluruh kota dan kabupaten di DKI Jakarta, mayoritas 63% berasal dari milenial yang tidak tercekoki racun politik identitas. 74% itu berasal dari lulusan SMA/Sederajat yang menggambarkan potret Indonesia," katanya.

Adapun Direktur Kata Rakyat, Alwan Ola Riantoby menilai kondisi sosial Jakarta perlu diperhatikan.

Baca Juga: M Taufik Nilai Heru Budi Paling Pas Jadi Pj Gubernur DKI

"Kelompok usia 17-25 tahun punya harapan besar dalam membangun Jakarta di bidang sosial, ekonomi, politik, dan pendidikan. Bagaimana melihat politik ke depan. Tentu diawali dengan sosok pengganti Anies/Riza," ucapnya.

Menurut Alwan, pejabat pengganti Anies-Riza harus cakap birokrasi, serta mampu memahami kondisi sosial kultural di Jakarta yang heterogen. Alwan juga berpendapat bahwa masyarakat harus mampu melahirkan modernitas di tengah keberagaman usia, latar pendidikan, maupun keberagaman di masyarakat.