Home Olahraga Bantai Guam 14-0, Bima Sakti: Kemenangan Ini Kita Persembahkan untuk Tragedi Kanjuruhan

Bantai Guam 14-0, Bima Sakti: Kemenangan Ini Kita Persembahkan untuk Tragedi Kanjuruhan

Jakarta, Gatra.com - Pertandingan Kualifikasi AFC U17 antara Indonesia vs Guam berakhir dengan skor telak 14-0. Bermain di Stadion Pakansari, Bogor, Senin (3/10) malam, tim asuhan Bima Sakti berhasil mencetak masing-masing 7 gol di setiap babak.

Pelatih Tim Nasional Indonesia, Bima Sakti, mengatakan bahwa kemenangan ini bisa menjadi momentum pemersatu, pasca kerusuhan di Stadion Kanjuruhan, Malang, Sabtu (1/10) lalu.

"Bersyukur Alhamdulillah bisa memenangkan pertandingan. Semua harus bermain maksimal, kita sepakat kemenangan ini dipersembahkan untuk saudara yang tertimpa musibah di Kanjuruhan. Semoga momentum ini menjadi pemersatu," ujarnya dalam konferensi pers usai laga, Senin (3/10) malam.

Tragedi Kanjuruhan berbuntut adanya larangan pertandingan Kualifikasi AFC U17 berjalan tanpa penonton. Namun, Bima menilai bahwa keputusan ini tidak terlalu berdampak bagi jalannya pertandingan.

"Kita sepakat, untuk menghargai, respect dengan kejadian kemarin. Saya pikir kita tetap semangat ada penonton atau tidak ada penonton," ujarnya.

Bima juga berharap agar ke depan, suporter bisa lebih dewasa lagi. Hal ini diperlukan untuk membawa sepak bola Indonesia semakin maju.

Pemain pencetak 4 gol dalam laga ini, Arkhan Kaka turut menyetujui bahwa laga yang berjalan tanpa penonton bukanlah kendala besar. Hadir pada kesempatan yang sama, Kaka mengatakan bahwa setiap pertandingan akan dijalankan dengan fokus.

"Untuk pemain tidak ada pengaruh karena kita semangat untuk menjalani pertandingan tadi dan selanjutnya. Semua pertandingan peting, kita akan fokus ke pertandingan selanjutnya," ujarnya.

Meskipun mencetak 4 gol, selebrasi yang dilakukan Kaka hanya dilakukan di gol pertama. Hal itu dilakukan sebagai keputusan tim bersama dalam rangka suasana duka atas tragedi Kanjuruhan.

"Untuk selebrasi, coach dan tim, semua sekarang sedang berduka. Untuk menghormati korban, jadi selebrasi sewajarnya saja, berterima kasih kepada Tuhan yang memberikan kemenangan," jelasnya.

Pada laga lanjutan Kualifikasi AFC U17,  Indonesia akan menghadapi pemimpin sementara Grup B, Uni Emirat Arab di Stadion Pakansari, Rabu (5/10) malam.

103