Home Politik Dahului DPP, DPW PKS Yogyakarta Usung Anies Capres 2024

Dahului DPP, DPW PKS Yogyakarta Usung Anies Capres 2024

Yogyakarta, Gatra.com– Meski menyatakan tetap menunggu hasil keputusan Dewan Syuro DPP Partai Keadilan Sejahtera dalam penentuan Calon Presiden (Capres) untuk 2024. Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Daerah Istimewa Yogyakarta lebih awal menyatakan dukungan kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai Capres.

Dukungan ini dinyatakan terbuka oleh seluruh pengurus DPW PKS DIY yang dibacakan Ketuanya Agus Mas’udi di kantornya, Rabu (5/10).

“Tentu ada banyak anak bangsa yang memiliki potensi untuk memimpin bangsa Indonesia yang besar ini. Tetapi dari sekian banyak potensi, kami DPW memandang Anies Baswedan yang tengah menjabat Gubernur telah menunjukkan kapasitas pemimpin yang mumpuni,” kata Agus.

Keputusan mendukung Anies ini kata Agus ini merupakan aspirasi dari banyak kader PKS di DIY hingga tingkat rating dan suara masyarakat yang masuk ke PKS dan menghendaki Anies diusung sebagai Capres 2024.

Sosok Anies ini juga dipandang sesuai dengan tiga kriteria Capres yang dikeluarkan Dewan Syuro PKS untuk nantinya didukung yaitu berpeluang menang, merepresentasikan umat dan ketiga adalah simbol perubahan.

“Ketiga kriteria itu mengerucut pada sosok Anies yang dalam berbagai survei kepemimpinan nasional selalu masuk tiga besar. Beliau merupakan sosok religious sekaligus nasionalis yang dibuktikan selama memimpin Jakarta,” terang Mas’udi.

DPW PKS DIY menyatakan pasca deklarasi dukungan, hal ini akan dibawa ke forum tertinggi yaitu Musyawarah Majelis Syuro PKS, untuk secara resmi memberikan dukungan kepada Anies Baswedan. “Beberapa daerah lain juga menyuarakan hal yang sama. Bahkan kami lihat sudah lebih dulu menyatakan dukungan kepada Anies Baswedan,” lanjutnya.

Agus berharap di DPP PKS nantinya segera ada keputusan membentuk koalisi partai yang solid konstruktif untuk pemenangan pilpres 2024. “Kami siap berjuang dan taat terhadap semua keputusan yang akan ditetapkan oleh Majelis Syuro PKS. Sementara ini kami tidak ingin berandai-andai. Kami tegak lurus dengan keputusan partai,” terangnya.

142