Home BUMN Dorong Percepatan Insfrastruktur Desa, Semen Gresik Bangun Tebing Sungai Rp175 Juta di Desa Pasucen Rembang

Dorong Percepatan Insfrastruktur Desa, Semen Gresik Bangun Tebing Sungai Rp175 Juta di Desa Pasucen Rembang

Rembang, Gatra.com – PT Semen Gresik (PTSG) kembali menyalurkan bantuan kluster insfrastruktur ke desa Pasucen Kabupaten Rembang sebesar Rp175.000.000 untuk operasional pembangunan tebing sungai, yang pembangunannya telah terlaksana sejak bulan juli 2022 lalu.

Senior Manager of Communication & CSR PTSG Dharma Sunyata menjelaskan bahwa pembangunan tersebut guna meremajakan kondisi tebing sungai yang lama menjadi baru dan kokoh kembali.

Baca Juga: Semen Gresik Raih Penghargaan Subroto Awards 2022 dari Kementerian ESDM

“Diharapkan dengan pembangunan tersebut, mampu menahan meningkatnya debit air sungai ketika musim penghujan, sekaligus memperlancar aliran air untuk kebutuhan irigasi masyarakat,” ujar Dharma dalam keterangan tertulisnya, Kamis (6/10).

Bantuan infrastruktur tersebut, lanjut Dharma, merupakan kegiatan padat karya dengan melibatkan para pekerja lokal desa yang dikoordinir oleh pemerintah desa Pasucen bersinergi dengan PTSG melalui program FMM. Adapun rincian dari pembangunan tebing sungai, yakni talud jalan 27 m, tebing sungai 52 m, pagar 79 m, urugan 178 m3, dan gorong – gorong 7,5 m.

Dharma menambahkan bahwa bantuan ini merupakan salah satu dari berbagai dukungan PTSG melalui kegiatan Forum Masyarakat Madani (FMM) dengan menyalurkan bantuan total senilai Rp 1,75 miliar kepada 6 desa di sekitar perusahaan. Ini termasuk dalam kluster infastruktur, kluster pemberdayaan masyarakat berbasis partisipastif dan kluster Sosial Budaya yang berada dalam program FMM.

“PTSG hadir dan peduli kepada masyarakat melalui pembangunan infrastruktur yang bisa dirasakan langsung manfaatnya. Sehingga dapat tercipta ekosistem sosial sehat, ekonomi meningkat dan desa berdaulat,'' ungkap Dharma.

Tim pengawas dari Semen Gresik melakukan monitoring proses pembuatan tebing sungai di Desa Pasucen Rembang yang merupakan dukungan PTSG melalui kegiatan Forum Masyarakat Madani (FMM). (Dok.PTSG)

Dharma menegaskan bahwa penyaluran bantuan infrastruktur sebagai bentuk komitmen perusahaan untuk terus mendorong percepatan pembangunan infrastruktur desa sesuai dengan tujuan SDG’s poin 9 yaitu ‘Membangun Infrastruktur yang Tangguh’.

Kepala Desa Pasucen Salamun, mengucapkan apresiasi dan terimakasih atas bantuan pembangunan tebing sungai di desa Pasucen. Menurutnya pembangunan tersebut memberikan banyak manfaat dan dampak positif bagi masyarakat sekitar.

“Dulunya di bantaran sungai ketika musim penghujan sering terjadi banjir disebabkan oleh meluapnya air ke rumah warga, adanya pendangkalan, dan banyaknya tumpukan sampah di area sungai. Sekarang setelah adanya pembangunan tebing sungai, pengerukan, dan pembersihan gorong – gorong keadaan menjadi nyaman, bersih dan aman bagi masyarakat sekitar,” pungkas Salamun.

68