Home Internasional Putin Bandingkan Inflasi Rusia dengan Uni Eropa

Putin Bandingkan Inflasi Rusia dengan Uni Eropa

Moskow, Gatra.com - Presiden Rusia, Vladimir Putin mengatakan bahwa laju inflasi di Rusia telah mengalami perlambatan dan turun menjadi 13,5 persen pada pakan lalu.

Pada kesempatan yang sama, Putin juga membandingkan tingkat inflasi di negaranya dengan yang terjadi di negara-negara Eropa. “Di Jerman 10,9%, di Belanda 17,1%, di Latvia 22,4%, di Lithuania 22,5%, di Estonia 24,2%," kata Putin, pada Kamis (6/10).

Seperti diketahui, harga berbagai barang dan jasa di Eropa mengalami kenaikan lantaran melonjaknya biaya kebutuhan energi setelah invasi Rusia ke Ukraina.

Inflasi di Rusia mulai melonjak pada akhir Februari dipicu oleh sanksi Barat. Tingkat inflasi Rusia memuncak pada 17,83 persen pada bulan April lalu.

Sementara itu, ekonomi Rusia mampu menunjukkan pemulihan dan mata uang rubel juga mampu mencatatkan penguatan terhadap dolar AS. Inflasi di Rusia tercatat mulai melambat dan pada 26 September lalu hingga berada di angka 13,71%.

Adapun pada bulan lalu, Bank Sentral Rusia memperkirakan bahwa negara itu akan mempertahankan tingkat inflasi di kisaran 11-13 persen pada akhir tahun nanti.

107