Home Olahraga Ironis! Peringkat 6 dan Empat Kali Juara Dunia, Gagal ke Qatar 2022

Ironis! Peringkat 6 dan Empat Kali Juara Dunia, Gagal ke Qatar 2022

Doha, Gatra.com- Sedikitnya ada delapan tim elit dunia yang melewatkan Piala Dunia FIFA tahun ini. Dari Italia hingga Mesir, berikut adalah delapan tim yang kehilangan tempat di Piala Dunia FIFA. Demikian Al Jazeera, 11/10.

Bahkan sebelum tendangan bola pertama di Piala Dunia Qatar 2022, penggemar yang tidak mengikuti kualifikasi piala dunia akan terkejut. Juara Eropa saat ini dan pemenang Piala Dunia empat kali Italia tidak akan termasuk di antara peserta.

Sementara kegagalannya untuk lolos telah menyebabkan tim itu malu, itu bukan satu-satunya nama besar yang hilang dari daftar Qatar 2022.

ITALIA

Peringkat dunia: 6
Prestasi terbaik di Piala Dunia: Juara (1934, 1938, 1982 dan 2006).

Italia gagal mengamankan satu tempat setelah kalah pada menit ke-92 dari Makedonia Utara di semifinal playoff mereka pada Maret. Fakta bahwa mereka berada di babak playoff juga mengejutkan, mengingat kemenangan di Euro 2020 mereka tahun lalu dan serangkaian hasil bagus di babak kualifikasi sebelum turnamen.

Namun, dalam lima pertandingan berikutnya, mereka hanya menang sekali dan ditahan imbang empat kali. Tempat kedua di belakang Swiss membawa mereka ke babak playoff di mana mereka gagal mencetak gol dan kehilangan tiket ke Piala Dunia untuk kedua kalinya berturut-turut.

KOLUMBIA

Peringkat dunia: 17
Prestasi terbaik di Piala Dunia: Perempatfinal (2014)

Tim Amerika Selatan itu finis di urutan keenam dalam kualifikasi CONMEBOL, satu poin di belakang Peru yang mengambil tempat playoff setelah empat tim teratas mendapatkan kualifikasi otomatis.

Rodriguez, yang bermain sepak bola klub di Qatar selama satu tahun, berbagi kekecewaannya dan mengatakan dia "sangat kesakitan" dalam posting media sosial yang panjang setelah timnya gagal lolos.

SWEDIA

Peringkat dunia: 20
Prestasi terbaik di Piala Dunia: Runner-up (1958)

Swedia ambil bagian 12 dari 21 piala dunia. Negara ini menjadi tuan rumah pada tahun 1958 ketika tim mencatat hasil terbaiknya dengan mencapai final di mana ia kalah dari Brasil.

Perjalanan perempat finalis 2018 ke Qatar tergelincir ketika mereka kalah tiga kali dari enam pertandingan di leg kedua kualifikasi tahun lalu. Mereka berakhir di urutan kedua di grup mereka di belakang Spanyol dan diadu melawan Polandia di babak playoff.

Pertandingan playoff diadakan di Polandia dan tim tuan rumah mengambil keuntungan penuh dari dukungan dengan menang 2-0 dan mengakhiri impian tim muda Swedia untuk mencapai Qatar.

CHILI

Peringkat dunia: 29
Prestasi terbaik di Piala Dunia: Tempat ketiga (1962)

Chili telah hadir di Piala Dunia sejak edisi pertama pada tahun 1930. Mereka menjadi tuan rumah turnamen pada tahun 1962 dan finis ketiga.

Dalam edisi terakhir (1998, 2010 dan 2014), Chili mencapai babak 16 besar. Penampilan itu datang dengan pemain seperti Arturo Vidal, Gary Medel dan Alexis Sanchez. Dengan menurunnya performa para pemain tersebut, Chile kesulitan mendapatkan hasil yang baik.

Mereka hanya memenangkan satu dari empat pertandingan kualifikasi terakhir mereka untuk Qatar 2022. Chili kemudian berusaha agar Ekuador didiskualifikasi dengan menyatakan bahwa Byron Castillo dari Ekuador adalah orang Kolombia dan tidak memenuhi syarat untuk mewakili Ekuador.

FIFA, bagaimanapun, menyatakan bahwa pemain memegang kewarganegaraan Ekuador permanen dan memenuhi syarat untuk mewakili negara sesuai dengan aturan.

NIGERIA

Peringkat dunia: 31
Prestasi terbaik di Piala Dunia: Babak 16 besar (1994, 1998, 2014)

Nigeria memulai debutnya di Piala Dunia 1994 dan langsung menjadi hit di kalangan fans karena gaya permainan mereka yang menyerang dan selebrasi gol yang menghibur.

Super Eagles memuncaki grup mereka tetapi tersingkir dari turnamen di babak 16 besar setelah comeback menakjubkan Italia yang dipimpin Roberto Baggio.

Sejak itu, Super Eagles hanya absen di turnamen 2006 sebelum kembali lagi ketika Piala Dunia dimainkan di Afrika Selatan empat tahun kemudian.

Kali ini, impian Nigeria untuk bermain di depan banyak penduduk ekspatriat Nigeria pupus ketika mereka bermain imbang di kedua leg playoff melawan Ghana. Leg kedua pertandingan melihat Ghana lolos ke Qatar berdasarkan gol tandang.

RUSIA

Peringkat dunia: 35
Prestasi terbaik di Piala Dunia: Keempat (1966 sebagai Uni Soviet), perempat final (2018)

Satu-satunya pengusiran paksa secara politis dari Piala Dunia 2022 adalah Rusia. FIFA mengumumkan pengusiran tim dari semua kompetisi menyusul invasi Rusia ke Ukraina awal tahun ini.

Rusia adalah salah satu favorit untuk lolos dari Eropa dan melanjutkan perjalanannya di edisi 2018 di mana ia mencapai perempat final. Rusia mengajukan banding terhadap larangan tersebut di Pengadilan Arbitrase Olahraga tetapi kemudian menariknya kembali.

Sejarah tim di Piala Dunia dibagi menjadi dua. Pertama seperti Uni Soviet hingga turnamen 1990. Kemudian, Rusia lolos ke tiga piala dunia hingga 2014, sebelum menjadi tuan rumah edisi 2018 di mana mereka tersingkir melalui adu penalti.

MESIR

Peringkat dunia: 40
Prestasi terbaik di Piala Dunia: Fase grup (1934, 1990, 2018)

Dengan Piala Dunia yang berlangsung di Timur Tengah, Mohamed Salah memimpin tim dan populasi ekspatriat yang besar di Qatar, Mesir akan menikmati peluang mereka untuk lolos ke ajang 2022.

Namun, bintang terbesar mereka Salah gagal mengeksekusi penalti bersama dengan dua lainnya ketika Mesir bermain imbang melawan Senegal di babak playoff.

Mesir gagal melewati babak penyisihan grup di ketiga piala dunia yang mereka ikuti. Edisi 2018 melihat akhir yang mengecewakan karena Salah tidak sepenuhnya fit karena cedera bahu.

ALJAZAIR

Peringkat dunia: 37
Presatsi terbaik di Piala Dunia: Babak 16 Besar (2014)

Menjadi salah satu penyelesaian paling dramatis dari kualifikasi Piala Dunia, dan salah satu yang mengejutkan dunia. Aljazair berada di ambang mencapai Qatar 2022 setelah mencetak gol kemenangan di akhir perpanjangan waktu atas Kamerun dalam pertandingan playoff mereka.

Namun, Karl Toko Ekambi mencetak gol beberapa detik sebelum peluit akhir dan membukukan tempat timnya berdasarkan gol tandang.

Pelatih Aljazair Djamel Belmadi tercengang, sementara Kamerun merayakan kembalinya mereka ke turnamen.

216