Home Milenial 23.657 Proposal Bisnis Semarakkan Diplomat Success Challenge 2022

23.657 Proposal Bisnis Semarakkan Diplomat Success Challenge 2022

Jakarta, Gatra.com - Diplomat Success Challenge (DSC) 2022 telah menyelesaikan periode submit proposal dengan angka pendaftar yang mencapai 23.657 peserta. Ini merupakan jumlah pendaftar terbanyak sepanjang penyelenggaraan DSC sejak tahun 2010.

“Sejak tahun 2019 jumlah pendaftar memang mengalami peningkatan yang signifikan. Di tahun ini kami mengapresiasi antusiasme masyarakat hingga DSC 2022 sukses menjaring 23.657 peserta,” kata Ketua Dewan Komisioner DSC, Surjanto Yasaputera di Jakarta, Rabu (12/10).

Jika dibandingkan dengan tahun 2021 lalu, peningkatan pendaftar mencapai 29%. Sejak dibuka pada 8 Juni 2022, DSC 2022 telah menggelar berbagai macam kegiatan seputar pengembangan wirausaha.

Mulai dari seri webinar, campus to campus, hingga beragam edukasi bisnis melalui konten media sosial DSC. Selain itu dalam masa pendaftaran tahun ini, terdapat pula aktivitas baru yaitu Vote Your Challengers yang menjadi ajang pendukung bagi program Vlog Pitch.

Program Initiator DSC 2022, Edric Chandra mengatakan bahwa di tahun ini 52,3% proposal yang didaftarkan merupakan bisnis yang sudah berjalan. Sedangkan 43,7% lainnya masih berupa ide bisnis.

“Ini menunjukkan kepercayaan generasi muda Indonesia kepada DSC untuk mewujudkan bisnis impian mereka,” ucapnya.

Kategori bisnis makanan dan minuman kemasan mendominasi hingga 36,8%. Persentase ini cukup jauh dari kategori bisnis makanan dan minuman dalam bentuk restoran yang jumlah pendaftarnya hanya mencapai 6%

“Angka tersebut memperlihatkan bahwa telah terjadi pergeseran model bisnis yang semakin relevan saat ini, dan hal ini berlaku pula dalam kategori bisnis lainnya,” tambahnya.

Dilihat segi usia, pendaftar dalam rentang 20-25 tahun masih mendominasi hingga 39%. Namun, pendaftar berusia 19 tahun ke bawah juga cukup banyak, mencapai 14%.

“Para Generasi Z dengan ide dan pemikiran orisinal ini pun diprediksi akan semakin mendominasi penyelenggaraan DSC di tahun-tahun berikutnya,” ujar Edric.

Adapun jumlah pengusaha wanita atau womenpreneur di DSC 2022 mencapai 49%. Hal ini selaras dengan salah satu misi DSC untuk memberikan akses dan manfaat secara merata.

Setelah proses kurasi, DSC 2022 akan mengumumkan Top 1000 challengers yang dapat melaju ke tahap selanjutnya dan lebih dekat meraih hibah modal usaha total Rp2 miliar. Selain itu, peserta juga akan mendapat pendampingan berkelanjutan dari coach bisnis profesional, serta bergabung dalam jejaring wirausaha Diplomat Entrepreneur Network (DEN).

140