Home Kesehatan Angka Imunisasi Anak Turun, Orang Tua Diminta Rutin Ajak Anak Imunisasi

Angka Imunisasi Anak Turun, Orang Tua Diminta Rutin Ajak Anak Imunisasi

Jakarta, Gatra.com - Orang tua harus rutin mengajak anak ke fasilitas kesehatan, demi mendapatkan imunisasi rutin sesuai dengan usia anak. Upaya ini dimaknai sebagai penerapan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). 

Kampanye ini juga yang dinilai bisa mempercepat edukasi pentingnya imunisasi rutin dan penjaga kesehatan pada anak. Inisiatif ini dilakukan untuk memberikan perlindungan kesehatan bagi generasi penerus bangsa melalui penerapan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) sebagai bentuk perlindungan dari luar dan melengkapi imunisasi rutin anak sebagai bentuk perlindungan dari dalam.

“Kami ingin anak-anak Indonesia, generasi penerus bangsa, bisa mendapatkan perlindungan secara menyeluruh. Baik dari dari dalam melalui dukungan percepatan imunisasi rutin maupun dari luar melalui edukasi pentingnya PHBS dan pengelolaan sanitasi aman,” terang Marketing Manager Fabric Care WINGS Group Indonesia, Joanna Elizabeth Samuel. 

Kampanye ini pun diakui Plt. Direktur Pengelolaan Imunisasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Prima Yoshepin, sebagai Pendorong imunisasi pada anak. Apalagi, Angka cakupan imunisasi rutin untuk anak-anak di Indonesia justru menurun selama pandemi Covid-19. 

Berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan RI, ada lebih dari 1,7 juta anak Indonesia yang belum atau belum lengkap mendapatkan imunisasi rutin selama periode 2019- 2021.

Survei Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dan UNICEF pada tahun 2020 juga menemukan bahwa setengah dari orang tua yang disurvei enggan membawa anaknya ke fasilitas kesehatan karena takut tertular COVID-19 atau khawatir tidak ada protokol kesehatan yang tepat.

“Imunisasi rutin ini sangat penting dan diperlukan bagi anak-anak agar mereka terlindungi dari berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh virus, kuman, bakteri, yang ada di sekitar kita termasuk di air yang tercemar,” papar Prima.

34