Home Sumbagsel Puluhan Rumah Warga di Muba Terendam Banjir, Anak-anak Tak Bisa Sekolah

Puluhan Rumah Warga di Muba Terendam Banjir, Anak-anak Tak Bisa Sekolah

Musi Banyuasin, Gatra.com -Tingginya intensitas hujan disertai angin belakangan ini membuat 53 rumah warga di Kecamatan Jirak Jaya Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) Sumsel terendam banjir.

Banjir disebabkan meningkatnya debit air sungai Keruh tepatnya di desa Jembatan Gantung. Bahkan pemukiman yang berada di bantaran sungai tergenang air sampai kedalaman 1,40 meter.

"Curah hujan cukup tinggi selama 3 hari berturut-turut. Alhasil sampai sekarang masih deras aliran sungainya," ujar Camat Jirak Jaya, Yudi Suhendra saat dikonfirmasi, Kamis (20/10/2022).

Luapan air sungai Jirak di Desa Jirak serta sungai Keruh di Desa Layan yang mengakibatkan 8 keluarga mengungsi. "Akibatnya anak-anak di Desa Layan terkendala menuju sekolah karena air menggenangi jalan setinggi 50 cm," jelasnya.

Pihaknya  langsung melakukan pendataan terhadap warga yang terdampak serta berkoordinasi dengan Forkopimcam dan Tagana Kecamatan untuk bersiaga.

Sejauh ini belum ada korban akibat banjir tersebut. Namun tingginya debit air ditambah arus sungai deras, Yudi mengingatkan warga terus waspada.

"Kita juga aktif mengimbau warga agar tetap waspada mengingat curah hujan masih diprediksi akan kembali turun serta mengimbau untuk mengurangi aktivitas di aliran sungai untuk menghindari bahaya" tutupnya.

40