Home Pendidikan Gernas BBI Jadi Momentum Pengembangan Pelaku Usaha Lokal

Gernas BBI Jadi Momentum Pengembangan Pelaku Usaha Lokal

Jakarta, Gatra.com - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim, optimistis Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Buatan Indonesia (BBI) akan menguatkan dan menjadi bekal untuk memajukan kebudayaan lokal. sekaligus menjadi transformasi sistem pendidikan Indonesia.

Hal ini diungkapkan Nadiem, kala menghadiri gelaran Gernas BBI di Polewali Mandar, Sulawesi Barat. Dalam pandangannya, keberadaan gelaran Gernas BBI untuk masyarakat lokal di Polewali Mandar pun diharapkan dapat mengangkat dan mengembangkan kebudayaan lokal setempat.

“Sulbar memiliki kekayaan budaya yang potensial untuk terus dikembangkan, menjadi tulang punggung dari pembangunan yang berkelanjutan,” tutur Nadiem dalam keterangannya secara daring, Sabtu (22/10).

Hal senada pun disampaikan Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi (Dirjen Diksi), Kiki Yuliati. Ia mengatakan bahwa giat Gernas BBI yang diselenggarakan di Polewali Mandar menjadi momentum penting dari cita-cita menggerakan produk-produk dalam negeri.

"Seluruh rangkaian kegiatan Gernas BBI adalah bentuk dukungan dan apresiasi upaya masyarakat dalam mengembangkan usaha dan bisnis produk lokal Sulbar," tegas Kiki.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, juga menyampaikan apresiasi kepada berbagai pihak dan meminta sinergi seluruh pemangku kepentingan untuk menyukseskan arahan Presiden Joko Widodo yakni tercapainya 30 juta UMKM on boarding pada 2024.

“Butuh komitmen dari pemimpin organisasi untuk menjadi teladan suksesnya pengembangan perekonomian lokal. Terima kasih kepada Kemendikbudristek, Bank Indonesia, pemda, asosiasi, idEA, Top Brands, dan media. Selamat kepada UMKM yang menjadi tulang punggung ekonomi kita. Tingkatkan terus kapasitas untuk Sulbar mandiri,” ujar Menko Luhut. 

47