Home Olahraga Luhut: Atletik Salah Satu Olahraga Pemersatu Bangsa

Luhut: Atletik Salah Satu Olahraga Pemersatu Bangsa

Yogyakarta, Gatra.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut B. Pandjaitan yang juga selaku Ketua Umum PB PASI (Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia) menegaskan bahwa atletik merupakan salah satu pemersatu bangsa Indonesia. Hal itu diungkapkannya saat menghadiri Student Athletics Championships Seri Yogyakarta, Ahad (23/10).

“Student Athletics Championships yang diselenggarakan ini merupakan salah satu upaya untuk kita bersama-sama dari berbagai ras dan budaya, mempersatukan bangsa Indonesia, dengan cara meningkatkan kemampuan dan semangat atletik seperti ini,” kata Menko Luhut di Stadion Mandala Krida, Yogyakarta, pada Ahad (23/10).

Lebih lanjut, Menko Luhut memaparkan cabang olahraga atletik adalah Ibu dari segala cabang olahraga yang lain atau dikenal dengan “the mother of sports." Oleh sebab itu, dirinya berpesan bahwa atletik sepatutnya harus bisa melahirkan talenta-talenta terbaik yang ada dan menorehkan berbagai prestasi bagi Indonesia di tengah ratusan juta potensi yang ada.

“Saya bercita-cita bahwa cabang olahraga ini dapat dikenal dan dinikmati sebagai cabang olahraga yang tidak pernah memandang kasta, namun tetap menjadi penyumbang medali dalam setiap kejuaraan yang ada, dan lebih daripada itu, cabang olahraga inilah yang diharapkan dapat menguatkan persatuan dan kesatuan kita semua sebagai warga negara dengan berbagai kegiatan yang diadakan serentak di seluruh provinsi di Indonesia,” paparnya.

Diketahui Student Athletics Championships ini menjaring setidaknya lebih dari 22 ribu peserta dengan melibatkan setidaknya 400 sekolah yang ada dan menggaet 20 ribu pengunjung untuk tahu dan peduli akan hadirnya ajang pencarian bakat terbesar untuk mencari talenta muda atletik terbaik di Republik ini.

Kegiatan pencarian bakat yang diadakan di 10 provinsi dengan salah satunya di Yogyakarta ini nantinya akan memilih kembali 300 atlet terbaik yang kemudian akan di lombakan kembali dalam ajang National Championship di Jakarta Desember mendatang.

“Dari hasil inilah para putra-putri terbaik dari daerah akan diseleksi sebagai pemenang dan berhak mewakili daerahnya untuk mengikuti kunjungan dan pendidikan di negara maju yang memiliki prestasi atletik terbaik seperti Amerika dan beberapa negara lainnya,” ujarnya.

“Selain itu para talenta muda ini nantinya juga akan kami ikutsertakan dalam program training center yang akan melibatkan para pelatih terbaik dan program atletik terbaik hingga memiliki tujuan untuk dapat mengharumkan nama Atletik Indonesia di kancah global. Hal ini kami lakukan semata-mata sebagai bentuk kecintaan kami kepada negara ini,” tambah Menko Luhut.

56