Home BUMN Semen Gresik Dorong Kemandirian Kelompok Difabel Blora Mustika dengan Pelatihan dan Prasarana Membatik

Semen Gresik Dorong Kemandirian Kelompok Difabel Blora Mustika dengan Pelatihan dan Prasarana Membatik

Rembang, Gatra.com – PT Semen Gresik (PTSG) melalui program SG Mandiri terus konsisten berkomitmen dalam peningkatan martabat, hak, dan kesejahteraan para penyandang disabilitas.

Salah satunya dengan memberikan dukungan sarana dan layanan bagi kemandirian komunitas difabel (different ability), yakni dukungan kepada komunitas Difabel Blora Mustika (DBM).

Senior Manager of Communnication & CSR PTSG Dharma Sunyata mengatakan, melalui Semen Gresik Sahabat Difabel (SGSD) mampu memperkuat posisinya sebagai perusahaan inklusif dengan terus menggenjot pemberdayaan masyarakat, salah satunya kegiatan kelompok difabel membatik.

“Sebagai bentuk kemandirian berwirausaha oleh para kelompok difabel, PTSG memberikan support berupa pelatihan membatik kepada setiap anggota, serta bantuan pengadaan sarana prasarana membatik,” jelas Dharma pada keterangan tertulisnya, Selasa (25/10).

Lanjut Dharma, penjaringan potensi kepada kelompok difabel dilakukan sejak tahun 2020, kemudian dilakukan peningkatan kapasitas dan optimalisasi potensi pengembangan sampai tahun 2022.

“Semangat kami tak pernah surut dalam membekali teman – teman difabel, baik itu pelatihan dan bantuan sarana pengembangan usaha. Harapannya, program terarah, terukur, terintegrasi dan akuntabel ini mampu mendorong kesejahteraan penyandang disabilitas untuk mandiri dan berkarya,’’ tandasnya.

Anggota kelompok Difabel Blora Mustika yang merupakan binaan SGSD Semen Gresik Sahabat Difabel sedang membatik dengan teknik batik cap di selembar kain putih. (Dok.PTSG)

Sementara itu, Ketua Difabel Blora Mustika Moh Abdul Ghofur menyampaikan apresiasi kepada PTSG yang telah merangkul dan mengayomi komunitas difabel.

“Terlihat antusias dan semangat teman – teman difabel dalam kegiatan membatik, dengan bersama – sama menggambar batik bercorak khusus yang dipadukan logo Semen Gresik,” papar Ghofur.

Dia berharap semua empati dan kontribusi yang telah diberikan PTSG, semoga membangkitkan semangat bagi komunitasnya untuk tidak menyerah dalam menjalani kehidupan.

45