Home Pendidikan Wapres Sebut UNU Yogyakarta Bisa Jadi Contoh Kampus NU Lain

Wapres Sebut UNU Yogyakarta Bisa Jadi Contoh Kampus NU Lain

Sleman, Gatra.com - Wakil Presiden (Wapres) RI Ma'ruf Amin meninjau pembangunan Gedung Kampus Terpadu Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Yogyakarta di sela kunjungan kerja ke Daerah Istimewa Yogyakarta, Selasa (24/10).

“Saya mengapresiasi, pertama dari bangunan berjalan sesuai target di mana sekarang sudah mencapai 62 persen, dan saya juga menyampaikan apresiasi tentang rencana pengembangan UNU. Walaupun (kampus) baru, tapi sudah bisa menjadi yang terdepan dengan program-programnya,” katanya.

Selain itu, ia juga berharap UNU Yogyakarta menghasilkan profesional unggul. “Saya harapkan UNU Yogyakarta ini, pertama, bisa menghasilkan profesional yang unggul, khususnya di kalangan warga NU dan masyarakat Indonesia. Dan menjadi semacam model yang bisa menjadi contoh bagi UNU-UNU yang lain,” tambahnya.

Adapun Rektor UNU Yogyakarta Widya Priyahita Pudjibudojo berharap perpindahan gedung ini menjadi simbol era baru UNU Yogyakarta yang lebih maju, lebih terdepan, dan lebih adaptif terhadap perubahan global yang radikal.

Pembangunan kampus terpadu ini dimulai pada tahun 2021. Terdiri dari gedung 9 lantai, kampus UNU Yogyakarta berlokasi di Jalan Ring Road Barat, Pedukuhan Dowangan, Banyuraden, Gamping Sleman.

Kampus ini menempati lahan seluas 7.478 m2 dengan luas bangunan mencapai 16.769 m2 yang mencakup lobi, ruang kelas, laboratorium, perpustakaan, ruang komunal, dan ruang perkantoran, hingga roof garden.

Gedung modern dengan konsep bangunan hijau yang ramah lingkungan ini dibangun menggunakan teknologi termutakhir Building Information Modelling (BIM). Gedung ini juga ramah untuk kalangan disabilitas.

Pembangunan gedung ini melengkapi program-program UNU Yogyakarta. Selain lima fakultas dan 11 prodi, UNU Yogyakarta juga menyiapkan 'studi masa depan' bekerjasama dengan Uni Emirat Arab dan  SMK-Politeknik Masa Depan di Kawasan Industri Terpadu Batang.

46