Home Sumbagsel Saksikan Malam Puncak JKPI, Ada Pertunjukan Legend Dul Muluk dan Wayang Palembang

Saksikan Malam Puncak JKPI, Ada Pertunjukan Legend Dul Muluk dan Wayang Palembang

Palembang, Gatra.com - Masyarakat Kota Palembang, dan sekitarnya yang merindukan kebudayaan dan kesenian asli 'Wong Kito' dipastikan akan mengobati rindunya di malam puncak event Rakernas IX Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI), Kamis (3/11).

Hal itu dikatakan pihak event organizer Untuk Negeri (UN) Production. Sebagai pihak yang bertanggung jawab jalannya kegiatan di malam puncak pelaksanaan Rakernas IX JKPI pihaknya akan memersiahkan dengan kesenian legend Kota Pempek, yakni Dul Muluk dan Wayang Palembang di Plaza BKB.

"Akan ada Dul Muluk menceritakan tentang kerajaan Sriwijaya, ada juga Wayang Orang khas Palembang. Dua penampilan itu kesenian lawas Palembang," kata Owner UN Production MS Iqbal Rudianto ST, kepada Gatra.com Selasa (1/10).

Didit nama sapaan MS Iqbal Rudianto ST, juga selaku Ketua Dewan Kesenian Palembang (DKP) petunjukan akan diadakan di panggung terbuka. "Semua masyarakat Palembang, dipersiapkan untuk datang dan menonton. Karena penampilan itu tidak hanya untuk tamu undangan saja, tapi untuk kita semua," jelasnya.

Dijabarkannya untuk rundown acara mulai besok pelaksanaan tanggal 2 November di mulai pada pukul 08.00 sampai 14.00 bertajuk welcome drink di Rumah Dinas Walikota Jalan Tasik. Selanjutnya pukul 20.00 WIB malam pembukaan pameran dan bazar di Museum SMB II.

"Pameran itu beragam stand kebudayaan semua kota di Indonesia. Lalu juga ada usaha UMKM juga kita berikan stand disana,"kata dia

Dilanjutkannya pada tanggal 3 November dimulai dari subuh dengan agenda Safari Subuh di Masjid Agung dari pukul 04.00 WIB hingga 06.00 WIB.

"Paginya pukul 08.00 WIB sampai 15.00 WIB Rakernas. Selanjutnya malamnya adalah acara puncak (malam puncak) ada penampilan kesenian Palembang dan pawai budaya diikuti oleh 36 Kota di Indonesia menggunakan pakaian daerah masing-masing," katanya.

Selanjutnya dia menyebut, pada kegiatan yang bakal berlangsung spektakuler ini setidaknya ada 10 ribu peserta turut berpartisipasi dari berbagai kota di Indonesia.

48