Home Sumbagsel Pangkas Pohon di Jalan Merdeka, Antisipasi Pohon Tumbang Ancam Peserta JKPI

Pangkas Pohon di Jalan Merdeka, Antisipasi Pohon Tumbang Ancam Peserta JKPI

Palembang, Gatra.com - Pemerintah Kota (Pemko) Palembang, melakukan pemangkasan terhadap pohon yang berumur puluhan untuk mengantisipasi bencana pohon tumbang di musim penghujan.

Pemangkasan batang dan ranting pohon yang berukuran besar dari pantauan Gatra.com, Selasa (1/11), dilakukan disepanjang Jalan Merdeka. Semua pohon yang menjulur ke arus jalan di pangkas. Kegiatan ini juga guna memberi rasa aman bagi peserta  Rakernas IX JKPI, dari ancaman pohon tumbang di tengah cuaca ekstrem.

Kepala Dinas Perkimtan Palembang, Affan Prapanca mengatakan, di penghujung tahun angin semakin kencang. Terlebih lagi saat hujan dikhawatirkan bencana pohon tumbang akan mengancam warga Palembang.

"Kami melakukan pemangkasan pohon secara rutin, hari ini di Jalan Merdeka. Tentunya itu untuk mengantisipasi bencana pohon tumbang," katanya.

Menurutnya, dalam beberapa bulan terakhir, banyak pohon tumbang ditiup angin kencang disertai hujan deran yang melanda Kota Palembang.

Di sisi lain, kawasan Jalan Merdeka disebutnya, jadi akses utama tamu undangan dari berbagai Kota di Indonesia melewatinya. Lantaran Jalan Merdeka menuju ke venue pelaksanaan event Rakernas IX Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI).

"Jalan Merdeka menuju venue pelaksanaan Rakernas IX JKPI ke BKB dan Museum SMB II. Kami juga antisipasi keamanan untuk tamu undangan melewati jalan tersebut," katanya.

37