Home Regional Eksklusif: Kata TPNPB-OPM Atas Tewasnya Tokoh Papua Merdeka Filep Karma

Eksklusif: Kata TPNPB-OPM Atas Tewasnya Tokoh Papua Merdeka Filep Karma

Jayapura, Gatra.com-  Kelompok yang menamakan diri Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat, Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) mengaku berduka cita atas tewasnya tokoh Papua merdeka Filep Karma, 02/11. Seperti diketahui Filep Karma ditemukan tewas dengan pakaian menyelam lengkapa pada 01/11, di pantai Base-G, Jayapura.

"Kami sampaikan Filep Karma merupakan salah satu tokoh Papua merdeka. Dia kami hargai dan kami akui. Dia seorang tokoh yang patut menjadi contoh dan tuladan bagi orang asli Papua. Terutama yang bekerja pada pemerintah Indonesia. Filep Karma adalah seorang pegawai negeri, tetapi dia berani. Mempunyia hati dan jiwa yang mendukung Papua merdeka dengan mempertaruhkan segalanya," kata Sebby Sambom, juru bicara TPNPB OPM.

"Nah ini bisa menjadi contoh bagi orang asli Papua yang cari makan dari pemerintah Indonesia. Dia tokoh yang berani. Berani mengambil keputusan. Tinggalkan semua kesenangannya," tambahnya.

"Filep Karma orang asli Papua. maka dia bergabung dengan segala kekuatan yang memperjuangkan Papua merdeka. Maka dia dijatuhi hukuman penjara hingga 15 tahun. Dia mempunyai mental yang bagus untuk pelajaran kita semua," katanya.

"Kita kehilangan seorang tokoh pejuang Papua merdeka, tetapi tidak akan membuat semangat kami berkurang. Kami akan terus berjuang. Kami sudah punya kebangkitan nasional seperti Indonesia dulu. Maka meskipun tokoh-tokoh ini telah meninggal secara alamiah, kami tetap akan meneruskan perjuangan," katanya.

"Beliau ditemukan terdampar. Beliau memang hobi menyelam. Kami pejuang Papua merdeka telah menghilangkan segala kesenangan. Ketika pertama kali hanyut, itu sebenarnya peringatan dari Tuhan jangan lagi menyelam. Karena beliau tidak mengindahkan peringatan alam maka beliau ditemukan tewas. Itu menurut penilaian kami," ungkapnya.

"Kami turut berduka cita atas meninggalnya tokoh Papua merdeka Filep Karma. Semoga diterima di sisi Tuhan. Kami semua ikut berduka. Selamat jalan Filep Karma," pungkasnya.

1501