Home Olahraga Piala Presiden Esports dan PBESI Bahas IESF World Championship 2022

Piala Presiden Esports dan PBESI Bahas IESF World Championship 2022

Jakarta, Gatra.com – Panitia Piala Presiden Esports 2022 menyambangi pengurus PB Esports Indonesia (PBESI) untuk memastikan kesiapan penyelenggaran turnamen IESF World Championship 2022 yang akan dihelat akhir tahun ini.

Wakil Ketua Bidang Atlet dan Prestasi PBESI, Yohannes Siagian, di Jakarta, Rabu (2/11), mengatakan, pihaknya sedang fokus untuk membangun ekosistem esports Tanah Air. Salah satunya, dengan menghelat IESF World Championship 2022 sebagai lanjutan dari ekosistem esports.

“PBESI juga turut serta dalam membantu menyebarkan informasi tentang acara Piala Presiden Esports 2022 ini,” katanya melalui siaran pers.

Pihaknya juga kini sedang mempersiapkan acara lanjutan dari Piala Presiden Esports 2022, yaitu IESF World Championship 2022. Ini merupakan salah satu contoh ekosistem esports yang sedang dicoba untuk dikembangkan.

Baca Juga: Developer: Piala Presiden Esports Wadah Pemasaran Gim Lokal

Pemenang dari beberapa cabang game dalam Piala Presiden Esports 2022 akan berkesempatan untuk mewakili Indonesia dalam turnamen yang memiliki skala global tersebut.

Deputi II Bidang Pembangunan Manusia, Kantor Staf Presiden (KSP), Abetnego Tarigan, mengungkapkan bahwa esports memiliki potensi yang besar dalam menyumbang prestasi bagi Indonesia.

Atas dasar itu, lanjut dia, jejak prestasi esports Indonesia perlu diteruskan agar semakin banyak atlet yang bisa mewakili Indonesia dalam berbagai turnamen, baik dalam maupun luar negeri.

Ia menyampaikan, kunjungan ini diharap mampu memberikan persepsi positif kepada publik yang masih awam akan esports. Ia melihat jika ekosistem esports sangat penting bagi generasi muda, dan memberikan bukti bahwa esports tidak hanya sekadar main gim belaka.

“Dari awal kami melihat jika esports memang memiliki potensi dan sudah punya jejak prestasi, termasuk dalam ajang SEA Games 2021 yang lalu,” katanya.

Piala Presiden Esports 2022 ini merupakan ajang yang dikelola secara profesional dan melibatkan banyak atlet. Pemrintah berharap jika mereka bisa menyumbangkan berbagai prestasi. Kementerian-kementerian yang terkait sangat mendukung kehadiran esports bagi generasi muda.

“Dengan adanya industri esports yang berkembang, harapannya dapat memberikan pesan-pesan positif kepada publik. Pasalnya, publik masih banyak yang menganggap bahwa esports ini hanya menghabiskan waktu untuk bermain gim saja,” kata Abetnego Tarigan.

Menjadi sponsor utama dalam perhelatan Piala Presiden Esports empat tahun berturut-turut, Senior Vice President dari BCA, Norisa Saifuddin, mengatakan, pihaknya berkomitmen untuk terus mendukung esports untuk negeri.

“Kami sebagai insan perbankan terpacu untuk terus memberikan dukungan serta ruang bagi generasi muda untuk mengembangkan minatnya dalam hal esport,” ujarnya.

Dengan adanya Piala Presiden Esports 2022 ini, lanjut Norisa, pihaknya berharap para peserta dapat mempersiapkan diri dengan matang sehingga dapat menghasilkan performa yang terbaik di kompetisi ini.

“Kami juga berharap kegiatan ini dapat mendukung perkembangan industri kreatif di Indonesia,” kata Norisa.

Director National Business Development Partnership Grab Indonesia, Terence Bouman, menyampaikan terima kasih atas kolaborasi yang sudah terjalin. Ia berharap jika kerja sama antara Grab dan Piala Presiden Esports 2022 dapat terus berlanjut, demi mendukung perkembangan esports Indonesia dan daya saing gim Tanah Air di kancah dunia.

Piala Presiden Esports 2022 sudah menyelesaikan babak kualifikasi. Seluruh tim yang lolos lewat berbagai babak kualifikasi, mulai dari east qualifier, west qualifier, closed qualifier, hingga open qualifier akan bertanding dalam babak main event yang akan berlangsung secara offline pada 11 hingga 13 November 2022 di Istora Senayan, Jakarta.

Piala Presiden Esports tahun ini mendapatkan jumlah penonton paling banyak sejak empat tahun penyelenggaraannya. Laman Escharts menuliskan, babak closed qualifier berhasil ditonton oleh sekitar 2 juta jam secara keseluruhan.

Baca Juga: Gim Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi Digital, Valuasinya Capai Rp30 Triliun

Sementara itu, secara peak viewers, jumlah penonton pada babak tersebut mencapai lebih dari 274 ribu secara bersamaan. Sedangkan rata-rata penonton sepanjang babak closed qualifier, mencapai kurang lebih 70 ribu penonton.

Jumlah hours watched pada turnamen tahun ini juga meningkat 52% bila dibandingkan dengan tahun lalu. Peningkatan juga terjadi pada peak viewers dan average viewers, yang masing-masing meningkat sebesar 2,3% dan 12%.

Acara puncak dari Piala Presiden Esports 2022 akan berlangsung secara offline pada 9 hingga 13 November 2022 di Istora Senayan, Jakarta dan tiket sudah bisa dibeli.

Selain akses menonton turnamen, tiket juga berlaku untuk AFK Fest yang diadakan selama main event Piala Presiden Esports 2022 berlangsung.

180