Home Teknologi Kemajuan Indonesia Bisa Didorong Dari Kecakapan Digital Kaum Muda

Kemajuan Indonesia Bisa Didorong Dari Kecakapan Digital Kaum Muda

Jakarta, Gatra.com - Pemuda merupakan salah satu kelompok masyarakat yang diharapkan bisa membawa pemajuan bagi Indonesia. Diungkapkan Koordinator Tim Literasi Digital Sektor Pendidikan Kemenkominfo, Bambang Tri Santoso, cita-cita tersebut akan makin tercapai apabila pemuda tanah air memiliki kecakapan digital.

“Kami harap para pemuda mempunyai semangat yang luar biasa untuk mendorong kemajuan indoensia melalui kemampuan kecakapan digitalnya,” kata Bambang dalam keterangannya, Jumat (4/11).

Kominfo pun menggandeng Pandu Digital dan Jawara Internet Sehat ICT Watch Indonesia guna menumbuhkan kecakapan digital tersebut. Harapannya dengan penumbuhan literasi digital, nantinya para pemuda pula yang akan mengemban cita-cita pemerataan digital di seluruh wilayah tanah air.

“Ini juga merupakan upaya mewujudkan cita-cita menyatukan Indonesia dengan memperluas akses internet dan pemanfaatan teknologi informasi. Agar masyarakat Indonesia mendapatkan hak yang sama,” bebernya.

Sementara itu, Perwakilan Pandu Digital Madya Indonesia, Agus Indira, menuturkan poin penting dari kegiatan literasi digitlan. Menurut Agus, pentingnya kegiatan literasi digital dititik beratkan pada segala aktivitas dan interaksi yang berada di ruang digital makin rentan kejahatan dewasa ini.

“Untuk itu, ketika kita membangun sebuah akun di media sosial, di dunia maya, kita harus memahami adanya sebuah jejak digital. Literasi digital ini perlu agar kita bisa memilah mana konten yang bisa kita bagikan,” ujarnya.

72