Home BUMN Layani Pengembangan Sektor Industri, PLN Tuntaskan Pembangunan Gardu Induk 150 kV Semen Jawa dengan Kandungan TKDN 74,73%

Layani Pengembangan Sektor Industri, PLN Tuntaskan Pembangunan Gardu Induk 150 kV Semen Jawa dengan Kandungan TKDN 74,73%

Bandung, Gatra.com –PT PLN (Persero) UIP Jawa Bagian Tengah berhasil melakukan pemberian tegangan (energize) pada GI 150 kV Semen Jawa Bay Trafo #1 yang memiliki kapasitas 1x60 MVA dan Bay Consumer 1 yang berlokasi di Gunung Guruh, Sukabumi, Jawa Barat.

Dengan keberhasilan ini, pasokan listrik PLN siap mendukung operasional PT Semen Jawa dan pelanggan 20 kV di daerah ini.

Baca Juga: Jelang Gelaran G20, PLN Rampungkan Sistem Kelistrikan KCJB Area Tegalluar

General Manager PLN Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Tengah, Djarot Hutabri EBS menjelaskan keberhasilan energize ini merupakan bentuk upaya PLN untuk terus meningkatkan kualitas listrik bagi pelanggan. Dirinya meyakini, peningkatan kualitas listrik melalui sistem elektrifikasi yang andal akan menjadi tonggak utama dalam pembangunan ekonomi.

“Suksesnya pengoperasian GI 150 kV Semen Jawa ini akan semakin meningkatkan rasio elektrifikasi, karena tak hanya menyokong operasional dan pasokan listrik bagi PT Semen Jawa, tapi listrik yang dihasilkan dari GI ini juga dapat dinikmati pelanggan yang berada di sekitar GI. PLN siap mendukung suplai listrik dan menjadikannya sebagai salah satu daya pendorong terciptanya iklim investasi positif pada area industri ini,” ujarnya.

PLN Tuntaskan Pembangunan Gardu Induk 150 kV Semen Jawa dengan Kandungan TKDN 74,73 Persen. (Dok. PT PLN)

Dalam pembangunannya, keseluruhan proyek infrastruktur ketenagalistrikan dengan nilai investasi lebih dari Rp113 miliar ini mampu mengalokasikan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) sebesar 74,73 persen. Tidak sampai di situ, dampak dari pekerjaan ini sendiri dapat dirasakan langsung oleh masyarakat yang ditandai dengan penyerapan tenaga lokal sebanyak 183 orang.

“Beroperasinya GI ini diharapkan dapat menjadi wujud dukungan PLN atas industri dalam negeri dan komitmen PLN dalam mengembangkan perekonomian daerah. Kami berharap nantinya industri ini akan memberikan manfaat bagi masyarakat, seperti terbukanya lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar lokasi operasional perusahaan industri terkait,” jelasnya.

243