Home Pendidikan 127 Ribu Guru Honorer Akan Segera Diangkat PPPK Tahun Ini

127 Ribu Guru Honorer Akan Segera Diangkat PPPK Tahun Ini

Jakarta, Gatra.com - Sebanyak 127.186 guru honorer akan segera diangkat menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Hal ini ditegaskan oleh Plt. Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK), Kemendikbudristek, Nunuk Suryani.

127 ribu guru yang lulus tersebut merupakan bagian dari 193.186 guru yang telah lulus passing grade di seleksi PPPK tahun 2021 dan telah tersedia formasi di seleksi tahun 2022 PPPK.

"Di tahun 2021 ada sekitar 193 ribu yang telah lulus Passign Grade dan 127 ribu ini telah tersedia formasi. Sehingga akan segera diangkat," jelas Nunuk dalam kegiatan temu media di Kantor Kemendikbudristek, Jakarta (7/11).

Sementara dari jumlah tersebut, sekitar 55 ribu guru yang tidak mendapat kebutuhan dan forrmasi pun masih aklan jadi perrhatian Kemendikbudristek. Nunuk menyebut, pihaknya masih akan mencarikan solusi terhadap kelompok guru yang masih belum jelas nasibnya.

“Kami akan perjuangkan lewat advokasi antara Kemendikbudristek dengan Pemerintah Daerah (Pemda). Kita mendorong untuk membuka formasi. Kita akan bekerja lebih keras lagi agar daerah membuka formasi untuk menampung guru-guru mereka," jelasnya.

Sedangkan, terhadap 11 ribu guru sisanya yang masih memiliki potensi untuk masuk dalam formasi. Salah satu opsinya, pelamar kelompok ini bisa mengambil opsi untuk

 

Turun kelompok prioritas.

 

 

"Seleksi dilakukan dengan mempertimbangkan dimensi kompetensi profesional pedagogik, sosial dan kepribadian," paparnya.

42