Home Regional Unik! Peringati Hari Pahlawan, Warga Jepara Gelar Kirab Budaya

Unik! Peringati Hari Pahlawan, Warga Jepara Gelar Kirab Budaya

Jepara, Gatra.com - Warga Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, mempunyai cara unik untuk memperingati Hari Pahlawan. Masyarakat bersama santri Pondok Pesantren (Ponpes) Lembah Manah Desa Langon, Kecamatan Tahunan, menggelar Kirab Nusantara dari Makan Ratu Kalinyamat di Mantingan.

Kirab Nusantara dilaksanakan dilepas langsung oleh Penjabat Bupati Jepara Edy Supriyanta, dadampingi Dandim 0719/Jepara Mukhamad Husnur Rofiq, dan Kapolres Jepara AKBP Warsono.

Para peserta kirab berjalan kaki sejauh tiga kilo meter, mulai dari halaman Masjid Mantingan hingga halaman Ponpes Lembah Manah. Sementara Edy mengikuti prosesi kirab dengan menaiki kereta kuda didampingi Kapolres Jepara.

Dikatakan Edy, kirab ini menjadi aksi nyata perwujudan cinta tanah air dan budaya nusantara, serta sebagai momentum menggelorakan samangat persatuan kesatuan. Sekaligus untuk mendukung Ratu Kalinyamat sebagai pahlawan nasional.

Dalam Kesempatan ini, Pj Bupati Jepara Edy Supriyanta juga mengimbau untuk selalu menjaga tali persatuan dan kesatuan yang telah dibangun dengan darah, doa, dan air mata oleh para pejuang jangan sampai terkoyak.

"Mari kita menegaskan kembali kesepakatan menjadikan Pancasila sebagai alat pemersatu bangsa," imbuhnya.

Pengasuh Ponpes Lembah Manah, Abah Santri menyampaikan, diadakannya kegiatan ini merupakan dalam rangka memperingati hari pahlawan. Mengingat, bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jas-jasa pahlawannya.

“Selain kirab juga digelar Maulidur Rosul dan Purak Tumpeng Agung bersama Habib Muhsin Al'aydrus. Kemudian malam harinya digelar wayang kulit (ngaji wayang) dengan lakon Begawan Mintorogo. Kamis malam juga digelar pertunjukan Ketoprak Lesbumi Jepara mengangkat lakon Ratu Kalinyamat Sang Naga Samudra,” bebernya.

193