Home Ekonomi Bank Dukung Upaya Pemerintah Atasi Persoalan Iklim

Bank Dukung Upaya Pemerintah Atasi Persoalan Iklim

Jakarta, Gatra.com – Direktur Utama J Trust Bank, Ritsuo Fukadai, mengatakan, pihaknya mendukung upaya untuk mengatasi persoalan iklim yang kini menjadi salah satu fokus pemerintah Indonesia dan berbagai negara dalam G20.

Ritsuo Fukadai di Jakarta, Sabtu (12/11), menyampaikan, salah satu upaya bentuk dukungan tersebut, pihaknya melakukan pelatihan wirausaha produk ramah lingkungan untuk perempuan di wilayah Jakarta.

Baca Juga: Properti Optimistis Bangkit, J Trust Bank Dukung Masyarakat Miliki Hunian

Ia menjelaskan, pihaknya menggandeng Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Utara (Jakut) dan Jakarta Selatan (Jaksel) untuk memberikan pelatihan menjahit dan peningkatan kreativitas produk ramah lingkungan bagi kaum perempuan di wilayah tersebut.

Implementasinya, para perempuan peserta program tersebut diberikan pelatihan bagaimana memanfaatkan limbah kain menjadi beragam produk bernilai ekonomis, seperti masker kain, tas bekal makan, dan dompet serba guna.

Ia menjelaskan, awalnya pelatihan tersebut untuk menyikapi diberlakukannya pembatasan sosial selama pandemi Covid-19 yang mengakibatkan menurunnya pendapatan masyarakat, khususnya para penjahit rumahan. Ini juga untuk mendukung kaum perempuan meningkatkan pendapatan ekonomi keluarga.

J Trust Bank kemudian melakukan kerja sama public private partnership (PPP) dengan menjadi mitra dan mendukung program kerja pemerintah, khususnya dari Suku Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan Energi.

Ritsuo Fukadai mengungkapkan, program tersebut merupakan bagian dari tanggung jawab sosial perusahaan atau corporate social responsibility (CSR) yang menjadi upaya strategis dalam menjalankan usaha berkelanjutan bank.

“Program CSR diimplementasi dengan sungguh-sungguh dan secara bertahap akan mengarah pada program jangka menengah dan panjang, kami bertekad menjadi bagian dari solusi atas permasalahan ekonomi, sosial, dan lingkungan,” katanya.

Ia besyukur bahwa program tersebut bukan hanya dapat membantu masyarakat untuk meningkatkan keahlian dan pendapatan serta perbaikan iklim, tetapi juga mendapat apresiasi dari IDXChannel dengan memberikan penghargaan IDXChannel CSR Award 2022 untuk program pemberdayaan komunitas bertajuk “Pelatihan Wirausaha Produk Ramah Lingkungan untuk Pelaku Usaha Perempuan”.

“Melalui CSR, kami memperkuat komitmen dalam menjalankan tata kelola perusahaan yang baik,” katanya.

Ritsuo Fukadai mengungkapkan, bukan hanya kinerja CSR, kinerja korporasi pun terus meningkat. Per September 2022, J Trust Bank meraih laba bersih sebesar Rp85,06 miliar dibandingkan rugi bersih Rp337,94 miliar pada periode yang sama pada tahun sebelumnya.

Baca Juga: J Trust Bank Optimistis Penuhi Modal Inti Minimum Rp3 Triliun

Menurutnya, ini terutama didorong oleh pertumbuhan kredit bruto sebesar 75,79% menjadi Rp17,61 triliun serta pertumbuhan simpanan nasabah sebesar 47,80% menjadi Rp23,57 triliun pada posisi bulan September 2022 dibandingkan Desember 2021.

Selain itu, kondisi permodalan bank tetap kuat, yakni posisi modal inti minimum bank tercatat sebesar Rp2,76 triliun dan Rasio Kewajiban Penyediaan Modal Minimum Bank 14,24% per September 2022. Didukung oleh Pemegang Saham Pengendali, pihaknya berkomitmen untuk melakukan pemenuhan modal inti minimum sebesar Rp3 triliun pada akhir tahun 2022.

45