Home Kebencanaan Warga AS Tewas Usai Diving di Perairan Flores Timur NTT

Warga AS Tewas Usai Diving di Perairan Flores Timur NTT

Larantuka, Gatra.com Caleb Dan (37), warga negara Amerika Serikat, ditemukan tewas tenggelam di Pulau Tiga, Kabupaten Flores Timur,  Nusa Tenggara Timur (NTT) usai diving dan mencari ikan di perairan tersebut pada Senin (14/11).

“Caleb Dan mengalami kecelakaan saat melakukan penyelaman. Dia tenggelam di bawah air yang dalam, tepatnya di bawah tiga batu karang di dasar laut tersebut,” kata Mr. Andre, salah satu teman mendiang.

Saat wisatawan lain sudah berada di atas perahu, jelas Mr. Andre,  korban Caleb Dan tampak masih berada di kejauhan. “Dari kejauhan kami melihat buih laut naik turun dan dia tenggelam. Dua penyelam berupaya masuk menarik dan membawa korban ke atas perahu,” ujar Andre.

Sementara itu, Kapten KM Helena, Abdul Ajid (40), membenarkan terjadi kecelakaan menimpa seorang wisatawan asing yang meninggal pada pukul 10.10 Wita itu.

“Korban, Caleb tewas tenggelam saat menyelam sekitar pukul 10.10 Wita. Dia sempat diselamatkan sesama penyelam. Sempat mendapatkan pertolongan pertama namun nyawa tidak dapat diselamatkan. Kami akhirnya berlayar kembali ke Pelabuhan Larantuka dan membawa jasad korban ke RSUD Larantuka," kata Abdul.

Lebih lanjut Abdul menyebutkan, Caleb Dan bersama tujuh teman wisatawan asing menyewa KM Helena dari Labuan Bajo, Manggarai Barat, untuk mengelilingi beberapa tempat wisata di wilayah Flores bagian timur.

“Kami sudah melakukan perjalanan selama sembilan hari. Sesuai rencana, pelayaran kami akan berakhir di Kabupaten Ende. Namun dengan adanya musibah ini, saya tidak bisa pastikan. Tergantung teman-teman korban,” jelas Abdul.

Menurut teman-teman korban, kata Abdul, jenasah Celeb Dan akan dikirim ke Amerika Serikat dan akan dikuburkan di sana.

93