Home Internasional Ternyata Ini Alasan Menlu Sergei Lavrov Gantikan Presiden Putin di KTT G20

Ternyata Ini Alasan Menlu Sergei Lavrov Gantikan Presiden Putin di KTT G20

Nusa Dua, Gatra.com – Menteri Luar Negeri Sergei Lavrov hadir di KTT G20 Bali sebagai utusan delegasi Rusia. Lavrov datang pada acara tahunan tersebut menggantikan Presiden Vladimir Putin yang batal hadir ke Indonesia, baik secara langsung maupun secara daring.

"Presiden Vladimir Putin tidak bisa datang karena ada isu domestik yang harus diatur," ucap Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan.

Selain Putin, Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador serta Presiden Brazil Lula da Silva juga tidak bisa hadir.

“Presiden Brazil tidak bisa hadir karena ada transisi kepala negara, karena negara tersebut baru saja melakukan pemilihan umum,” imbuhnya.

KTT G20 akan diselenggarakan pada 15 November 2022 hingga 16 November 2022 di Bali. Momen ini merupakan puncak keketuaan Indonesia dalam forum 20 negara ekonomi terbesar dunia (G20).

Total ada sekitar 17 kepala negara yang datang ke Indonesia.

“Kami senang [presiden] Amerika Serikat dan Cina datang ke sini. Dan kita lihat apa yang akan terjadi harapannya sih sesuatu yang baik," tambah Luhut.

Selain para kepala negara, ada banyak orang yang menghadiri KTT G20. Setidaknya ada lebih dari 12.750 aktivis Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), utusan lembaga internasional, jurnalis, maupun observer.

137