Home Hukum Tajir Melintir Oknum Persit yang Diduga Tipu Puluhan Pensiunan Tentara, Korban Tewas Ngenas, Stress, hingga Gila

Tajir Melintir Oknum Persit yang Diduga Tipu Puluhan Pensiunan Tentara, Korban Tewas Ngenas, Stress, hingga Gila

Purworejo, Gatra.com- Kasus dugaan penipuan terhadap pensiunan tentara, guru dan PNS di Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah membuat miris. Para korban menderita kerugian diperkirakan mencapai miliaran rupiah karena SKnya dijaminkan dan uangnya dipakai oleh oknum anggota persit berinisial DR.

Suami DR adalah anggota TNI AD, Serda HS bertugas di wilayah Kodim 0709 Kebumen, Jawa Tengah. Karena permasalahan ini, ada korban yang akhirnya meninggal dunia serta banyak yang menderita stres bahkan ada pula yang gila.

"Saya tahu-tahu ada hutang Rp192.900.000, saya kaget. Karena waktu diberi aplikasi permohonan pinjaman oleh Saudari DR, saya tanda tangan blangko kosong, tidak ada nominalnya. Saya duga, yang mengisi formulir permohonan pinjaman adalah oknum marketing Bank Mandiri Taspen Purworejo, BC. Saya hingga kini tidak menerima gaji," tutur salah satu korban, Sertu Mohammad Haris Alam saat mengadu ke LSM Tamperak Purworejo, Senin (14/11/2022).

Para korban yang hidup susah, berbanding terbalik dengan DR dan keluarganya yang hidup mewah. Bahkan para korban menyebut jika dibiarkan dan tak dihentikan, akan seperti 'Sambo-nya' TNI AD.

Dari para korban yang telah menyelidiki sendiri kekayaan fantastis isteri TNI AD berpangkat Serda itu, Gatra memperoleh daftar harta bendanya. Berikut daftar harta kekayaan DR yang berhasil dihimpun:

1. Mini market Alfamart.
2. Mobil Toyota Inova Ventura.
3. Toyota Fortuner (2 unit).
4. Toyota Rush.
5. Toyota Yaris.
6. Toyota Agya.
7. Toyota Ayla.
8. Mobil Strada.
9. Daihatsu Grandmax.
10. Berbagai merk epeda motor 11 unit (NMAX, Ninja, Scoopy, Vario, Beat, Trail KLV).
11. Rumah mewah dua unit.
12. Perhiasan Emas dari Toko Sambas seharga Rp1,3 M.

Tak hanya itu, DR disebut memiliki tiga sopir pribadi dan beberapa pengawal atau centeng.

3167