Home Internasional KTT G20 Resmi Dimulai, Ini Jadwal Lengkap Hari Pertama

KTT G20 Resmi Dimulai, Ini Jadwal Lengkap Hari Pertama

Nusa Dua, Gatra.com – Konferensi Tingkat Tinggi forum 20 negara ekonomi terbesar dunia (KTT G20) resmi dimulai hari ini. Pertemuan tahunan para pemimpin negara-negara tersebut akan berlangsung hingga esok hari, Rabu (15/11).

“Saya nyatakan KTT G20 dibuka,” ucap Presiden Jokowi selaku pemimpin presidensi G20 Indonesia 2022 diikuti dengan pengetukan palu tiga kali, tepat pada pukul 10.10 WITA di Hotel Apurva Kempinski, Nusa Dua, Bali.

KTT hari ini diawali dengan penyambutan kedatangan para delegasi pemimpin negara oleh Presiden Jokowi. Ada 17 kepala negara yang hadir, kecuali Presiden Rusia Vladimir Putin, Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador, dan Presiden Brazil Lula da Silva. Terlihat pula Sekjen PBB Antonio Guterres.

Presiden Joko Widod membuka KTT G20 di Hotel Apurva Kempinski, Nusa Dua, Bali, Selasa (14/11). (GATRA/Flora)

Sesi pertama yang berlangsung hingga pukul 12 siang WITA ini mengusung tema “Keamanan Pangan dan Energi” (Food and Energy Security). Acara tersebut tertutup pada awak media.

Setelah social lunch, sesi dua rencananya dimulai pada pukul 14.00 hingga 16.00. Berlokasi di Candi Ballroom, tema yang diangkat fokus pada isu Kesehatan. Seperti sesi pertama, acara ini juga tertutup untuk awak media.

Di sore hari, pada pukul 16.30-18.00 WITA, dibuka jadwal bagi para pemimpin negara yang hendak melakukan pertemuan bilateral. Namun hingga berita ini dibuat, belum ada detil terkait negara mana saja yang akan melakukan pertemuan bilateral. Diduga, pertemuan Presiden Jokowi dan Presiden Cina Xi Jinping akan berlangsung pada jam tersebut.

Baca Juga: 

G20 Summit hari pertama diakhiri dengan resepsi sekaligus gala dinner di Garuda Wisnu Kencana (GWK), yang dijadwalkan pada pukul 19.00-21.00 WITA.

Selain KTT G20, berlangsung pula Digital Transformation Expo di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC) pada pukul 10.00-20.00 WITA.

166