Home BUMN Holding Perkebunan Nusantara Akan Gelar Grand Final Planters Innovation Summit 2022

Holding Perkebunan Nusantara Akan Gelar Grand Final Planters Innovation Summit 2022

Jakarta, Gatra.com– Planters Innovation Summit (PIS) 2022 yang dilaksanakan Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero) telah memasuki babak akhir. Rencananya, panel judgement dan inauguration ajang tahunan tersebut akan digelar di Jakarta pada 24 November 2022 mendatang.

Di tahap akhir ini, sembilan peserta yang terdiri dari tiga karya inovasi terbaik pada masing-masing kategori, akan kembali mempresentasikan karyanya. Selain dewan juri, mereka juga akan dinilai langsung oleh Board of Director PTPN Holding.

Yakni dengan kriteria penilaian, antara lain analisis masalah, pendekatan strategis (peningkatan produktifitas, sustainability mindset, efisiensi biaya), penerapan inovasi, dampak inovasi, dan kemudahan penerapan inovasi yang berkelanjutan.

“Kami berharap, nantinya akan terpilih karya-karya inovasi yang benar-benar bisa menjadi solusi, serta mampu memberikan dampak positif terhadap isu-isu sesuai dengan kategori masing-masing, yaitu business strategy, social innovations, dan technology breakthrough,” ujar Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero), Seger Budiarjo dalam keterangan tertulisnya, Kamis (17/11).

Secara umum, lanjut Seger, kesembilan peserta yang masuk dalam final judgement masing-masing memiliki ide inovasi yang bagus. Namun, karya-karya yang akan dipilih sebagai pemenang adalah inovasi yang benar-benar bisa diimplementasikan di lingkungan PTPN Group.

“Sebagaimana tujuan kami, bahwa ajang ini bukan sekadar seremonial, tetapi bagaimana kami bisa mendorong insan PTPN Group untuk terus berkarya dan melengkapi inovasi-inovasi yang sudah ada guna mendukung kinerja perusahaan,” ujarnya.

Kompetisi Planters Innovation Summit merupakan inisiasi dari BUMN Muda Perkebunan, sebuah wadah generasi muda PT Perkebunan Nusantara III (Persero) untuk menyatukan gagasan, pengembangan potensi, dan mensukseskan program Menteri BUMN, Erick Tohir.

Ketua BUMN Muda Perkebunan, Benny Wijaya menyampaikan, sebagaimana yang kerap disampaikan Menteri BUMN Erick Thohir dalam beberapa kesempatan bahwa anak muda adalah asset masa depan yang harus senantiasa dijaga dan dibina guna melahirkan talenta pemimpin di lingkungan BUMN. “Diharapkan, dengan adanya kompetisi inovasi seperti ini dapat menumbuhkan budaya inovasi di lingkungan kerja PTPN Group dan ke depannya dapat berdampak positif untuk kinerja perusahaan yang lebih hebat lagi,” ujarnya.

Benny menyebut, ajang Planters Innovation Summit 2022 diikuti oleh seluruh perusahaan di lingkungan PTPN Group, mulai dari PTPN I, PTPN II, PTPN III sampai PTPN XIV, serta anak perusahaan non PTPN. “Kompetisi ini menjadi salah satu cara agar PTPN Group dapat terus bertumbuh dan berkembang menyesuaikan zaman,” pungkasnya.

23