Home Nasional Mensos Risma Usulkan Layanan City Car untuk Disabilitas di Jakarta

Mensos Risma Usulkan Layanan City Car untuk Disabilitas di Jakarta

Jakarta, Gatra.com - Menteri Sosial Tri Rismaharini mengusulkan agar Jakarta punya City Car khusus untuk disabilitas. Usulan itu selaras dengan gelaran DTKJ Awards yang mengambil tema "Transportasi Terintegrasi Menuju Jakarta Kota Inklusif" yang akan dilaksanakan pada tanggal 22 November 2022 nanti.

“Transportasi khusus penyandang disabilitas merupakan suatu urgensi yang harus dipenuhi mengingat keragaman disabilitas dengan segala kebutuhannya,” katanya saat audiensi dengan jajaran Dewan Transportasi Kota Jakarta (DTKJ) di Kantor Kementerian Sosial di Jalan Salemba No 28 pada Rabu (16/11).

Baca Juga: Risma Pacu Perkembangan Anak-Anak Penyandang Disabilitas

"Yang harus kita penuhi itu transportasi dengan akses yang mudah bagi disabilitas, tidak hanya untuk yang fisik, tapi yang netra, dan yang lain juga," tambahnya. 

Hal ini tidak lain juga menunjukkan komitmen Pemerintah Indonesia dalam mengaplikasikan salah satu dari isi Jakarta Declaration on the Asian and Pacific Decade of Persons with Disabilities 2023–2032 yang disetujui oleh negara-negara anggota UN Economic and Social Commission for Asia and the Pacific (UNESCAP) bulan oktober lalu. Salah satu poin dari komitmen tersebut adalah tersedianya aksesibilitas bagi penyandang disabilitas, salah satunya adalah transportasi publik.

Baca Juga: Mensos Risma Siapkan Rp55 Miliar Bansos Khusus Penyandang Disabilitas

Sementara itu, Ketua DTKJ Haris Muhammadun menyebut pihaknya menginisiasi DTKJ Awards sebagai barometer penyelenggaraan transportasi bagi disabilitas. Diharapkan ajang ini dapat menjadi penggerak pemenuhan hak penyandang disabilitas dalam bertransportasi, khususnya di DKI Jakarta.

Setidaknya terdapat dua kegiatan dalam DTKJ Award. Di antaranya adalah forum diskusi tentang transportasi terintegrasi menuju Jakarta Kota Inklusif, dan Penganugerahan apresiasi dalam tujuh kategori kepada operator transportasi yang telah menyediakan sarana prasarana ramah disabilitas.

Adapun turut hadir dalam audiensi anggota DTKJ yaitu Riko Bimo Ridjla Badri dan Ajad Sudrajad. 

33