Home Olahraga Dibuka Mendikbudristek, 3.079 Atlet POMNas Siap Berlaga di Sumbar

Dibuka Mendikbudristek, 3.079 Atlet POMNas Siap Berlaga di Sumbar

Padang, Gatra.com - Gelaran Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNas) ke- XVII Tahun 2022 dibuka secara resmi di Auditorium Universitas Negeri Padang (UNP), Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (17/11).
 
Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim menyebut, POMNas ini sebagai bentuk memfasilitasi bakat dan minat mahasiswa di bidang keolahragaan. Sekaligus upaya menghadirkan generasi muda yang kompetitif, kolaboratif, kreatif dan berprestasi.
 
"Karena itu kompetisi seperti POMNas ini penting untuk mendorong kolaborasi lintas sektor dan membAngkitkan semangat generasi muda untuk berkarya dan berprestasi," kata Nadiem dalam sambutannya.
 
Dia juga mengapresiasi kinerja seluruh jajaran UNP, Universitas Andalas, Politeknik ATI Padang, Dispora Sumbar serta seluruh pihak yang telah berkolaborasi dalam menyukseskan perhelatan kompetisi olahraga mahasiswa tingkat nasional ini.
 
Terlebih, dia menilai penyelenggaraan POMNas bukan pekerjaan mudah. Selain kerja keras, komitmen, juga dibutuhkan sinergisitas dengan semua pihak untuk bisa menghadirkan 2.985 lebih atlet dari 408 perguruan tinggi se-Indonesia yang akan bertanding.
 
"Saya sangat mengapresiasi UNP dan semua pihak penyelenggara, ke depan kita harap POMNas dapat lebih meriah dan melibatkan banyak pihak, dan makin banyak peserta mahasiswa," ujarnya.
 
Selain itu, dia mengimbau semua kintingen untuk menjunjung nilai-nilai sportifitas. Baginya, komitmen berkompetisi secara sehat dan jujur, dengan tekad menjadi pelajar Pancasila yang cerdas dan berkarakter nilainya lebih baik dibanding hanya meraih nilai.
 
Rektor UNP, Ganefri menambahkan, peserta POMNas ke- XVII Tahun 2022 yang bertemakan Wujudkan Talenta Mahasiswa Unggul Menuju Indonesia Emas yang bermotokan Hebat, Bersahabat, Terhormat ini utusan 34 Pengurus Provinsi Badan Pembina Olahraga Mahasiswa Indonesia (Bapomi) se-Indonesia.
 
"Kita melibatkan lembaga Indonesia Anti Doping Organization (IADO), dan juga menggunakan sarana prasarana sesuai standar nasional cabang olahraga," sebut Ketua Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI) itu.
 
Ganerfi mengungkapkan, total keseluruhan yang akan berpartisipasi dalam POMNas ke- XVII ini, 8.948 orang. Rinciannya, 3.079 atlet, 5.869 ofisial dan pelatih, serta 455 wasit dari 408 perguruan tinggi 34 provinsi. Para atlet akan memperebutkan 1.274 keping medali, yakni 368 medali emas, 368 medali perak, dan 538 medali perunggu.
 
POMNas ke- XVII ini anak berlangsung selama 10 hari ke depan, yakni dari 17-26 November 2022. Sebanyak 14 cabang olahraga dipertandingkan, di antaranya Atletik, Bola Basket, Bola Voli, Futsal, Pencak Silat, Petanque, Tarung Derajat, Tenis, Renang, dan Sepak Takraw, Tae Kwon Do, Karate, Bulu Tangkis, dan Panjat Tebing.
 
"Tae Kwon Do dan Karaet di Akademi Teknologi Industri Padang (ATIP), Bulu Tangkis dan Panjat Tebing di Unand. Cabang selebihnya di UNP," jelas Ganefri.
 
Sementara Gubernur Sumbar, Mahyeldi yang turut hadir pada pembukaan POMNas ini juga merasa bangga digelarnya POMNas XVII di Kota Padang. Dengan hadirnya ribuan kontingen mahasiswa dari 34 provinsi, bisa membangkitkan ekonomi masyarakat Sumbar.
 
"POMNas ini tak hanya menjadi peluang pengembangan kompetensi olahraga ke tingkat nasional, tapi juga akan ikut peluang ekonomi bagi masyarakat. Silakan nikmati pengalaman terbaik di Sumbar," ucapnya.
111