Home Politik Survei Voxpol: PDI Perjuangan Paling Tinggi Elektabilitas, Demokrat Cuma 5,7%

Survei Voxpol: PDI Perjuangan Paling Tinggi Elektabilitas, Demokrat Cuma 5,7%

Jakarta, Gatra.com - Hasil survei Lembaga Survei Voxpol Center mencatat PDI Perjuangan sebagai partai dengan elektabilitas tertinggi di antara 18 partai politik lainnya. Meskipun begitu, PDI Perjuangan tak tercatat sebagai partai politik yang memuncaki popularitas ataupun paling disukai dalam survei tersebut.

Dalam hasil survei yang dilaksanakan Voxpol Center sepanjang 22 Oktober - 7 November 2022 itu, tercatat bahwa PDIP berhasil menempati posisi pertama dengan angka 20,3%. Sementara itu, Gerindra menyusul di peringkat kedua dengan persentase sebesar 18,2%, dan Golkar berada di posisi ketiga dengan 11,6%.

Selain ketiga partai tersebut, PKB berhasil menduduki posisi keempat dengan angka 11,2%, kemudian PKS sebanyak 9,6%, NasDem sebanyak 7,4%, dan Demokrat sebanyak 5,7%.

"Nah, ini adalah partai yang lolos di ambang batas parlemen, saya maksud sebagai partai papan atas. Nah, yang di bawah itu ada potensi agak ada kemungkinan lolos, ada kemungkinan tidak lolos," ujar Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting Pangi Syarwi Chaniafo, dalam rilis survei, di kawasan Cikini, Jakarta, Jumat (18/11).

Meski begitu, ia menekankan bahwa hasil tersebut dapat berubah di kemudian hari. Mengingat, angka-angka itu hanyalah potret yang ditangkap oleh survei Voxpol Center pada Oktober akhir hingga awal November. Terlebih, ia menyebut, kecenderungan masyarakat dalam memilih partai politik pun masih sangat dinamis di kemudian hari.

"Setelah ini kita tidak tahu lagi. Ada isu, ada banyak program, ada pengaruh deklarasi, dan seterusnya," ujar Pangi dalam kesempatan tersebut.

Temuan tersebut sedikit berbeda dengan hasil survei Voxpol Center mengenai popularitas dan tingkat likeabilitas partai politik, di mana PDI Perjuangan tidak menempati posisi pertama dalam konteks tersebut. Kursi puncak popularitas pun ditempati oleh Partai Golkar, dengan 89,8%. Dari nilai tersebut, sebanyak 64,7% di antaranya menyatakan suka dengan Partai Golkar.

Sementara itu, angka popularitas Partai Gerindra dan PDI Perjuangan pun tercatat berada sedikit di bawah Partai Golkar, dengan persentase sebesar 88,6%.

Meski berbagi angka yang sama dalam term popularitas, PDI Perjuangan tercatat kalah dalam hal likeabilitas. Pasalnya, dari angka popularitas tadi, sebanyak 66,1% mengaku suka dengan Partai Gerindra. Sementara itu, hanya 55,7% dari angka tersebut yang mengaku suka dengan PDI Perjuangan.

"Yang kenal, ada kemungkinan suka, ada yang tidak suka. Sebagian yang suka, nanti ada kemungkinan memilih, ada kemungkinan tidak memilih. Yang memilih disebut elektabilitas," jelas Pangi dalam pemaparannya.

108