Home Politik Survei Voxpol: Anies Baswedan Dinilai Paling Layak Pimpin Indonesia di 2024 Mendatang

Survei Voxpol: Anies Baswedan Dinilai Paling Layak Pimpin Indonesia di 2024 Mendatang

Jakarta, Gatra.com - Hasil survei Lembaga Survei Voxpol Center mencatat Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai sosok yang paling layak untuk memimpin Indonesia sebagai Presiden pada 2024 mendatang. Bahkan, angka kelayakan tersebut tercatat mencapai 34,5%.

"Anies Baswedan dianggap Presiden yang paling layak untuk memimpin Indonesia 2024, (menurut) hasil temuan kita," ujar Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting Pangi Syarwi Chaniago, dalam rilis survei, di kawasan Cikini, Jakarta, Jumat (18/11).

Voxpol pun mencatat, ada sejumlah alasan yang melatarbelakangi masyarakat memilih Anies sebagai calon presiden paling layak menuju kontestasi Pilpres 2024 mendatang. Namun, alasan terbesar masyarakat adalah prestasinya selama menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta.

"Alasannya, itu mereka memilih Anies itu karena prestasinya," ujar Pangi.

Ia pun menambahkan, alasan tersebut dikemukakan oleh sebanyak 21,2% masyarakat. Sementara itu, sebanyak 13,1% masyarakat pun mengungkapkan bahwa pilihan mereka terhadap Anies didasari penilaian mereka bahwa Anies memiliki gaya kepemimpinan yang baik.

"Sebetulnya kalau kita lihat dari perilaku pemilih Indonesia secara sistem, ini masuk ke perilaku pemilih, kalau basis dasarnya prestasi itu adalah, pemilih rasional," kata Pangi.

Dengan demikian, tegasnya, apabila perilaku pemilih itu digolongkan berdasarkan kata kunci prestasi figur tadi, maka para pemilih Anies juga dapat disebut sebagai pemilih rasional. Pasalnya, alasan prestasi itulah, yang membuat mayoritas masyarakat memilih Anies Baswedan dalam survei itu.

"Bisa saja pemilih Anies itu berbicara tentang prestasi, bisa bicara tentang track record, dan seterusnya," lanjut Pangi.

Selain Anies, ada dua nama lain yang masyarakat nilai paling layak untuk memimpin Indonesia pada periode mendatang. Keduanya adalah Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan 32,1% dan Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto dengan 27,5%.

Berbeda dengan Anies, Volpox mencatat pemilih Ganjar Pranowo cenderung memilih berdasarkan basis sosiologis. Pasalnya, mayoritas pemilih, yakni sebesar 42%, memilih Ganjar karena sosoknya yang dekat dengan rakyat.

Hal tersebut pula berbeda dengan basis pemilih Prabowo Subianto. Pasalnya, sebagian besar masyarakat yang menjatuhkan pilihannya pada Ketua Umum Partai Gerindra tersebut karena sosoknya yang tegas, dengan 35,4%, dan berwibawa, dengan 20,7%.

Di samping itu, Voxpol Center juga mencatat Anies Baswedan sebagai nama bakal capres dengan elektabilitas tertinggi dibanding 16 nama lain dalan bursa capres, yakni dengan persentase sebesar 26,1%. Angka itu melampaui persentase Ganjar Pranowo, yakni 25%, dan Prabowo Subianto, dengan 20,7%.

53