Home Kesehatan Warga Subang Berterimakasih atas Operasi Katarak Gratis Sido Muncul

Warga Subang Berterimakasih atas Operasi Katarak Gratis Sido Muncul

Subang, Gatra.com - Puskesmas Sukarahayu, di Jalan Apel Raya No 43, Karanganyar, Subang, Jawa Barat sejak pagi buta sudah didatangi ratusan warga. Hari ini, Selasa (3/9/2019), Puskesmas Sukarahayu memang menggelar kegiatan sosial  operasi katarak gratis yang biayanya ditanggung oleh PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul, Tbk, Semarang, melalui program corporate social resonsibility (CSR) perusahaan jamu dan farmasi ini.

Operasi katarak gratis ini mendapat sambutan baik dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Subang, dan tentu dari kalangan keluarga tidak mampu. Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Subang, Cecep Supriatin, mengatakan bahwa CSR PT Sido Muncul melalui operasi katarak gratis bagi warga Subang, sangat membantu meringankan beban Pemkab Subang.

"Jumlah penderita katarak di Kabupaten Subang relatif besar, sekitar 1.800 orang, dan Pemkab tidak memiliki anggaran mencukupi untuk menanganinya. Maka dari itu kami atas nama pemkab Subang dan warga Subang sangat berterimakasih kepada PT Sido Muncul yang telah turut membantu kami dan warga Subang penderita katarak melalui operasi katarak gratis ini," kata Cecep.  

Operasi katarak gratis ini terselenggara berkat kerjasama Sido Muncul bersama Yayasan Forum Subang Membangun, dan Persatuan Dokter Mata Indonesia (Perdami) Jawa Barat. Ketua Forum Subang Membangun, Endang Sukendar mengatakan bahwa operasi katarak yang digelar Sido Muncul sudah seharusnya menjadi contoh bagi korporasi lain dalam menjalankan program CSR.

"Mudah-mudahan kegiatan sosial ini mendorong korporai lain, khususnya di wilayah Subang, agar mengikuti jejak Sido Muncul. Sido Muncul yang berasal di luar Subang saja peduli kepada warga Subang, korporasi lain di Subang sudah sewajarnya mengikuti contoh seperti ini," kata Endang, yang berprofesi sebagai jurnalis senior di Gatra Media Group Jakarta. Jumlah yang telah dipersiapkan Sido Muncul hanya mencapai sekitar 200 orang, karena tidak semua pengidap katarak yang mendaftar bisa dioperasi karena pertimbangan kesehatannya.

Direktur PT Sido Muncul, Irwan Hidayat, mengatakan bahwa pemilihan lokasi Subang sebagai tempat penyelenggaraan prgram CSR operasi katarak gratis terlaksanan berdasarkan permintaan warga Subang. Sido Muncul sendiri sudah melaksanakan operasi katarak gratis sejak 2011 di sejumlah provinsi Indonesia, di  241 puskesmas dan rumah sakit, dengan jumlah pasien mencapai 23.000 orang.

"Kami akan terus melakukan program ini (operasi katarak gratis) di tempat-tempat lain sebagai bentuk kepedulian kami kepada masyarakat kecil yang tidak mampu serta membantu program pemerintah," kata Irwan.

Irwan Hidayat mengatkaan bahwa Sido Muncul melakukan operasi katarak gratis karena penderita katarak sebenarnya masih bisa bekerja tapi menjadi jompo karena tak bisa melihat. Dengan melakukan operasi mereka diharapkan bisa bekerja lagi sehingga memberikan penghasilan bagi keluarganya. ***

26

KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR