Home Internasional Polandia Minta Jerman Kirim Peluncur Rudal Patriot ke Ukraina

Polandia Minta Jerman Kirim Peluncur Rudal Patriot ke Ukraina

Warsawa, Gatra.com - Menteri Pertahanan Polandia Mariusz Blaszczak mengatakan pada hari Rabu bahwa dia telah meminta Jerman untuk mengirim peluncur rudal Patriot yang ditawarkan ke Polandia ke Ukraina.

“Setelah serangan rudal Rusia lebih lanjut, saya meminta Jerman agar baterai Patriot yang ditawarkan ke Polandia dipindahkan ke Ukraina, dan ditempatkan di perbatasan baratnya,” tulis Blaszczak di Twitter, dikutip Reuters, Rabu (23/11).

Baca Juga: Jerman Tawarkan Rudal Patriot Bentengi Pertahanan Polandia

“Ini akan melindungi Ukraina dari kematian dan pemadaman lebih lanjut, dan akan meningkatkan keamanan di perbatasan timur kami,” katanya.

Pada hari Senin, Polandia mengatakan akan mengusulkan peluncur rudal Patriot tambahan di dekat perbatasannya dengan Ukraina, menyusul tawaran dari Jerman.

Berlin menawarkan sistem pertahanan rudal Patriot kepada Warsawa untuk membantu mengamankan wilayah udaranya setelah sebuah rudal nyasar jatuh di Polandia minggu lalu. 

Baca Juga: Rusia Salahkan Pertahanan Udara Ukraina atas Serangan Rudal ke Polandia

Sebelumnya dikatakan akan menawarkan bantuan tetangga timurnya itu dalam pengawasan udara dengan Eurofighters Jerman.

“Rudal yang menghantam Polandia pekan lalu, menewaskan dua orang, dan tampaknya ditembakkan secara tidak sengaja oleh pertahanan udara Ukraina,” kata kepala NATO, Jens Stoltenberg.

318