Home Nasional DPR akan Bahas Surpres Siapa Panglima yang Berpeluang

DPR akan Bahas Surpres Siapa Panglima yang Berpeluang

Jakarta, Gatra.com - Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad mengatakan bahwa DPR telah menerima Surpres mengenai pergantian Panglima TNI dari Presiden. Sesuai mekanisme DPR akan melakukan tahapan selanjutnya. Surpres Panglima TNI dikirim pada Rabu, 23 November lalu.

“Akan disampaikan secara resmi pada 28 November mendatang berdasarkan kesepakatan antara Ketua DPR Puan Maharani dan Menteri Sekretariat Negara Pratikno, sebagaimana informasi yang didapat dari Sekretaris Jenderal DPR RI Indra Iskandar,” kata Dasco di Gedung Nusantara III DPR RI, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (24/11).
.
Mengingat Ketua DPR masih memimpin delegasi Indonesia pada Sidang Parlemen ASEAN atau AIPA di Kamboja. Maka waktu penyampaiannya akan kembali disepakati, kemungkinan sekitar pukul 10:30 WIB.

Baca Juga: Legislator: Semua KS Termasuk Jenderal Dudung Pantas jadi Panglima TNI

Dasco kembali menyebut bahwa semua kepala staf Angkatan berpeluang menjadi panglima menggantikan Panglima TNI Andika Perkasa.

“Saya pikir semua (angkatan TNI) berpeluang ( menjadi Panglima),” katanya.

Namun lanjut Dasco, peluang itu tergantung dari kebutuhan panglima tertinggi, yaitu Presiden dalam memperhatikan situasi dan kondisi saat ini.

“Sehingga kami yang di DPR, karena itu adalah hak prerogatif daripada presiden, kami tentunya menunggu (keputusan Presiden),” lanjutnya.

60