Home Internasional Terpikat Pelayanan AJIB PTSP Jakarta, Kerajaan Kamboja Segera Terapkan Sistem Serupa

Terpikat Pelayanan AJIB PTSP Jakarta, Kerajaan Kamboja Segera Terapkan Sistem Serupa

Jakarta, Gatra.com- Perwakilan Pemerintahan Kerajaan Kamboja mengunjungi Kantor Mal Pelayanan Publik DKI Jakarta hari ini, Kamis (24/11). Kunjungan dilakukan dalam rangka menjalin kerja sama dengan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP).

Dalam kunjungan kerja tersebut, Pemerintahan Kerajaan Kamboja diperkenalkan dengan bagaimana sistem melayani masyarakat dengan baik mulai dari pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM), memperpanjang Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), Kartu Tanda Penduduk (KTP), dan lain-lain. Salah satu pelayanan yang menjadi perhatian Direktur Jenderal (Dirjen) Administrasi, Kementerian Dalam Negeri Pemerintahan Kerajaan Kamboja, H.E. Prak Sam Oeun ialah layanan Antar Jemput Ijin Bermotor (AJIB).

"AJIB sangat penting bagi kami karena bisa menjangkau masyarakat yang tinggal jauh. Kami akan coba fasilitasi seperti one stop one service untuk melayani antar jemput ini," kata Prak Sam pada Gatra.com saat berkunjung ke Kantor Mal Pelayanan Publik DKI Jakarta, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (24/11).

Prak Sam menambahkan sistem pelayanan AJIB ini apabila bisa direalisasikan di Kamboja, tentu memerlukan sistem secara satu per satu. Dalam sistem pelayanannya, Kamboja juga sudah menerapkan pelayanan satu pintu baik di daerah pusat hingga Kabupaten yang berada di Kamboja. Namun belum maksimal lantaran masih berkutat dengan dokumen hardcopy.

"Tapi sampai saat ini kami harus menggunakan dokumen yang hard copy. Tidak ada untuk online nanti kami akan pelajari yang sistem online-nya di Kamboja," tutupnya.

112