Home Gaya Hidup Wow! Ikan Mas Raksasa Ditangkap, Tahan Lima Bulan Tanpa Oksigen

Wow! Ikan Mas Raksasa Ditangkap, Tahan Lima Bulan Tanpa Oksigen

Champagne, Prancis, Gatra.com- Lewat sebuah epik tarik-menarik yang dramatik, pemancing Inggris membutuhkan waktu 25 menit untuk mengentas ikan monster, yang dijuluki The Carrot, ke darat. Pemancing Inggris itu telah menangkap salah satu ikan mas terbesar di dunia di danau Prancis. Demikian Live Science, 24/11.

Pemancing itu mendaratkan ikan seberat 67 pon (30 kilogram) setelah tarik tambang selama 25 menit di Bluewater Lakes di provinsi Champagne timur laut Prancis. Hibrida antara ikan mas dan koi, ikan mas ini dilepaskan ke danau 20 tahun yang lalu, setelah itu ukurannya membengkak, menjadi salah satu yang terbesar dari jenisnya yang pernah ditangkap.

"Dengan ikan normal, Anda akan kesulitan untuk melihatnya jika berada di bawah permukaan, tetapi The Carrot jelas berwarna jingga cerah sehingga Anda tidak akan melewatkannya," kata Andy Hackett, pria yang menangkap ikan tersebut, kepada BBC. "Ini ikan yang banyak dicari, tidak banyak orang yang menangkapnya, cukup sulit ditangkap."

Setelah mengentas The Carrot dan mengajaknya foto bersama, Hackett melepaskan ikan itu kembali ke danau agar pemancing lain memiliki kesempatan untuk menangkapnya, lapor BBC.

Jika dipelihara di akuarium rumah, ikan mas (Carassius auratus) dan ikan mas yang lebih kecil cenderung tumbuh tidak lebih dari 2 inci (5 sentimeter). Namun saat dilepaskan ke alam liar, ikan yang sangat kecil itu bisa tumbuh menjadi raksasa. Pada tahun 2013, satu ikan mas super besar yang ditangkap di Danau Tahoe berukuran panjang hampir 1,5 kaki (46 cm) dan beratnya lebih dari 4 pon (2 kg).

Setelah mengumumkan hasil tangkapan hari itu, Hackett diberi tahu, "Anda akan membutuhkan mangkuk yang lebih besar," kenangnya.

Terlepas dari kecenderungan mereka untuk mati di penangkaran, ikan mas sangat kuat di alam liar - terbukti mampu hidup 25 tahun dan bertahan hingga lima bulan tanpa oksigen. Ini karena ikan berevolusi untuk hidup di kolam yang membeku di musim dingin, yang berarti bahwa di lingkungan rendah oksigen, tubuh mereka beralih dari respirasi aerobik menjadi mengubah karbohidrat menjadi alkohol, yang dilepaskan melalui insang. Ketika ciri-ciri ini digabungkan dengan tingkat reproduksi yang cepat, ikan mas dengan cepat dapat mendominasi habitat baru dengan mengorbankan spesies asli.

Kegigihan ikan mas telah menimbulkan masalah di danau di mana banyak ikan, yang sering dibuang oleh orang yang pernah memeliharanya. Pada tahun 2021, pejabat di kota Burnsville di Minnesota merilis pernyataan resmi yang memohon kepada penduduk untuk tidak melepaskan ikan mas ke perairan Danau Keller di kota itu. Ikan yang tadinya sangat kecil itu mulai tumbuh menjadi ukuran yang sangat besar, dan mendatangkan malapetaka pada jaringan ekologis danau yang rapuh.

"Tolong jangan lepaskan ikan mas kesayanganmu ke kolam dan danau!" pejabat kota mengatakan dalam sebuah pernyataan di Twitter. "Mereka tumbuh lebih besar dari yang Anda pikirkan dan berkontribusi pada kualitas air yang buruk dengan mengotori sedimen dasar dan mencabut tanaman."

Pengelola saluran air di dekat Carver County di Minnesota memindahkan sekitar 50.000 ikan mas dari perairan setempat pada November 2020, menurut Washington Post. Masalah serupa juga muncul di provinsi Alberta, Kanada dan kota Spokane, Washington, di mana pemerintah setempat telah menjanjikan US$150.000 untuk membebaskan danau lokal dari invasi ikan mas, lapor berita KHQ.

177