Home Olahraga Dari Beckham Sampai Apple, Siapa Saja Calon Pembeli MU?

Dari Beckham Sampai Apple, Siapa Saja Calon Pembeli MU?

Jakarta,Gatra.com-Setelah memutus kontrak Cristiano Ronaldo di Manchester United (MU), keluarga Glazers langsung mengumumkan klub dijual. Sejumlah peminat mulai bermunculan, mulai dari mantan bintang MU David Beckham, hingga Apple.

Keluarga Glazer memang sudah sejak lama tersudut karena dianggap mengecewakan dan gagal membawa MU kembali Berjaya seusai Alex Ferguson pensiun. Kecaman demi kecaman datang, baik dari penggemar maupun komentator sepakbola.

Berdasar cacatan Sky News, klub berjuluk Setan Merah itu gagal meraih trofi Liga Inggris sejak 2013. Manajer pengganti Ferguson mulai dari David MOyes, Luis Van Gaal hingga Jose Maurinho dan legenda MU Ole Gunnar Solksjaer harus menelan pil pahit karena gagal membawa klub menjuarai liga. Satu-satunya gelar bergengsi didapat Mourinho ketika berhasil membawa David De Gea dan rekannya menjuarai Liga Europa musim 2016-2017.

Baca juga: Ronaldo Putus Kontrak, MU Cari Pemilik Baru

Keluarga Glazer sendiri mengakuisisi MU pada 2005 seharga 790 juta poundsterling. Nah, kini diperkirakan mereka akan menjual MU dengan harga berlipat, sekitar 4 miliar hingga 4,5 miliar poundsterling.

Nah, siapa saja yang berminat? beberapa nama dikabarkan tertarik bahkan digadang-gadang sebagai calon kuat pembeli. Berikut nama-namanya, dikutip dari berbagai sumber :

1. Sir Jim Ratchliffe

Sebagai salah satu orang terkaya di Inggris, Jim Ratchliffe Agustus lalu sempat menyatakan minatnya membeli, meski saat itu Glazer enggan menjual MU. Jim merupakan pengusaha yang pernah memiliki saham perusahaan minyak BP, dan perusahaan bahan kimia Ineos. Sunday Times pernah menyebut ia memiliki kekayaan 6 miliar poundsterling. Menempatkannya sebagai orang terkaya ke 27 di Inggris.

2. Jim O Neil

Ekonom O'Neill lahir di Manchester. Maka MU bukan klub asing baginya. Mantan bos di Goldman Sachs itu pernah mengelola aset sebesar 700 miliar poundsterling. Dengan pengalamannya, maka banyak orang yakin ia bisa mengelola MU kedepan.

3. Arab Saudi

Menteri Olahraga Arab Saudi, yakni Pangeran Abdulaziz bin Turki Al Faisal mengungkap negaranya mendukung semua investor dalam negeri yang berminat membeli Liverpool dan MU. Liverpool, dikabarnya akan dilego pemiliknya, Fenway Sports Group (FSG).

4. Apple

Perusahaan ternama Apple mempertimbangkan ikut dalam perburuan sebagai calon pembeli. Daily Star mengungkap, Apple siap menggelontorkan 5,8 poundsterling atau setara Rp110 triliun. Angka itu sudah termasuk anggaran membangun stadion.

5. David Beckham

Kabar soal Beckham berminat membeli MU muncul saat ia berada di Qatar. Beckham diketahui ditunjuk sebagai duta Piala Dunia 2022. Mantan bintang MU itu pernah bermain untuk MU pada 1992-2004. Meski dikabarkan berminat, Beckham menilai harga jualnya terlalu tinggi. Diketahui, Beckham sendiri saat ini merupakan pemilik klub asal AS, Inter Miami FC.

57