Home Pendidikan UI Sukses Raih 7 Gelar Juara dalam Gemastik XV Kemendikbudristek 2022

UI Sukses Raih 7 Gelar Juara dalam Gemastik XV Kemendikbudristek 2022

Depok, Gatra.com - Tujuh gelar juara berhasil dibawa pulang oleh mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom) Universitas Indonesia (UI) dari Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (GEMASTIK) XV yang diadakan oleh Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), pada Kamis (24/11).

UI berhasil meraih Juara I dalam cabang Cyber Security, Juara I dan II dalam cabang Data Mining, Juara I dan II dalam cabang Programming, Juara II dalam cabang UX Design, dan Juara III dalam cabang Smart Device, Embedded System & IoT.

Tahun ini, penyelenggaraan ajang GEMASTIK XV bertajuk “TIK untuk Indonesia Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat” dengan tujuan meningkatkan kompetensi mahasiswa Indonesia agar mampu berperan sebagai agen perubahan dalam memajukan TIK dan pemanfaatannya.

Selain itu, program ini diharapkan dapat menjadi sarana pendukung demi terciptanya inovasi di bidang teknologi, khususnya TIK yang berdampak bagi masyarakat luas.

Dalam kejuaraan ini, UI menduduki 5 dari 11 cabang yang dilombakan, baik berupa format pertandingan maupun kompetisi karya. Sebelas cabang lomba tersebut adalah Pemrograman (Programming), Keamanan Siber (Cyber Security), Penambangan Data (Data Mining), Desain Pengalaman Pengguna (UX Design), Animasi (Animation), Kota Cerdas (Smart City), dan Karya Tulis Ilmiah TIK (ICT Scientific Paper).

Selanjutnya, Pengembangan Perangkat Lunak (Software Development), Piranti Cerdas, Sistem Benam & IoT (Smart Device, Embedded System & IoT), Pengembangan Aplikasi Permainan (Game Development), dan Pengembangan Bisnis TIK (ICT Business Development).

Dekan Fasilkom UI, Petrus Mursanto mengapresiasi prestasi tersebut. Menurut Petrus, kolaborasi dan kerja sama yang terjalin antara mahasiswa dan dosen pembimbing membuat berbagai karya dan inovasi lahir untuk mendukung percepatan pemulihan pasca pandemi Covid-19.

“Selamat untuk prestasi yang berhasil diraih oleh para mahasiswa kami di GEMASTIK XV. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada para dosen pembimbing dan pendamping yang telah memberikan arahan kepada mahasiswa sehingga prestasi ini bisa diraih. Semoga semangat ini dapat terus dipertahankan dan tahun depan kita bisa lebih baik lagi,” ujar Petrus.

Pada kompetisi ini, UI mengikutsertakan 7 tim mahasiswa Fasilkom UI beranggotakan 21 orang dan 7 pembimbing yang terlibat dalam kejuaraan ini. Masing-masing tim dibimbing oleh Amril Syalim, Ph.D; Denny Ph.D; Dr. Eng. Laksmita Rahadianti; Harry Budi Santoso Ph.D; Denny Ph.D; Ari Wibisono M.Kom; dan Dr. Eng. Laksmita Rahadianti.

Adapun sejumlah mahasiswa yang merupakan anggota dalam 7 tim di antaranya Prajna, Gregorius Bhisma, Muhammad Faishol Amirul Mukminin, Pikatan Arya Bramajati, Abdul Rafi, Fernando Nathaniel Sutanto, Harakan Akbar, Mardianto, Daniel Syahputra Purba dan belasan orang mahasiswa lainnya.

Rangkaian perlombaan ini telah berlangsung sejak Oktober 2022. Rangkaian tersebut terdiri atas Pendaftaran Perguruan Tinggi dan Tim, Pemanasan Pra-lomba, Unggah Proposal/Penyisihan Daring, Masa Penjurian Penyisihan, Pengumuman Daftar Finalis, dan Babak Final & Puncak Acara.

Pada puncak acara Kamis (24/11) lalu, gelaran ini diakhiri dengan Upacara Penutupan, Pengumuman Pemenang, dan Penyerahan Hadiah yang diadakan di Universitas Brawijaya, Malang.

250