Home Politik Hasil Polling PPP Jateng, Ganjar Capres Unggulan Kalahkan Prabowo dan Anies

Hasil Polling PPP Jateng, Ganjar Capres Unggulan Kalahkan Prabowo dan Anies

Semarang, Gatra.com- Nama Ganjar Pranowo menempati posisi peringkat pertama kandidat calon presiden (capres) 2024 pada polling yang digelar Partai Persatuan Pembanggunan (PPP) Jawa Tengah.

Ketua DPW PPP Jawa Tengah (Jateng), Masruhan Samsurie menyatakan sebulan lalu telah menggelar polling kandidat calon presiden yang akan diusung kepada pengurus partai.

“Hasilnya menempatkan Ganjar Pranowo di urutan teratas, disusul Prabowo, Anies Baswedan, dan Plt Ketua Umum PPP Mardiono,” katanya di sela Rapat Pimpinan Wilayah (Rapimwil) PPP Jateng di Semarang, Minggu (27/11).

Masruhan yang juga anggota DPRD Jateng menambahkan Rapimwil merupakan bagian dari mekanisme PPP dalam rangka menjaring aspirasi dari bawah terkait berbagai persoalan termasuk nama capres mendatang.

“Rapimwil dihadiri ketua, sekretaris, dan bendahara DPC PPP kabupaten/kota se-Jateng serta organisasi badan otonomi,” ujarnya.

Wakil Ketua Umum PPP Arsul Sani dalam kesempatan sama mengatakan, tidak merasa kaget banyak dari pengurus PPP Jateng yang mendukung Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo sebagai capres 2024.

“Kami memang membangun proses dari bawah untuk mendengarkan aspirasi capres yang akan diusung. Ganjar sejauh ini banyak disebut, sudah 14 DPW PPP yang menyebutnya, ada juga nama lain,” ujarnya.

Asrul Sani menambahkan PPP terus menjalin komunikasi dengan partai lain karena tidak bisa mengusung sendiri utamanya Golkar dan PAN yang sama-sama tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu.

“Kepastian nama capres yang akan diusung PPP akan disampaikan pada forum musyawarah kerja nasional PPP yang rencananya akan digelar kuartal pertama 2023,” katanya.

Sementara kedatangan Ganjar Pranowo dalam Rapimwil PPP Jateng disambut teriakan presiden oleh sebagian peserta,"Hidup presiden", "Ganjar Presiden,” teriak peserta.

Ganjar yang diundang dalam kapasitas sebagai Gubernur Jateng tidak memberikan komentar serta mengajak salaman peserta yang berada di dekatnya dengan bersenyum.

Dalam sambutannya, Ganjar mengatakan secara personal punya ikatan emosional yang baik dengan PPP karena periode kedua pada Pilgub Jateng 2018 berpasangan tokoh PPP Taj Yasin Maimoien (Gus Yasin) sehingga meraih kemenangan.

Selain itu keluarga Siti Atikoh, istri Ganjar di Purnalingga juga merupakan keluarga PPP.

“Secara personal mertua saya adalah PPP. Bu Mega juga pernah dengan Ketua Umum PPP Hamzah Haz, maka sebenarnya saya punya hubungan emosional yang cukup bagus dengan PPP,” ujarnya.

Ditanya soal banyaknya DPW PPP yang mendukungnya untuk maju sebagai calon presiden, Ganjar enggan memberikan kementar. 

Selain mengundang Ganjar Pranowo, Rapimwil PPP Jateng juga mengundang Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir. Saat memasuki arena Rapimwil PPP sebagian peserta meneriakan Erick Thohir sebagai calon wakil presiden (cawapres) atau capres.

102