Home Teknologi Tim SMART IT PTPN IX Juara di PIS 2022, Kenalkan D'Farm Karet

Tim SMART IT PTPN IX Juara di PIS 2022, Kenalkan D'Farm Karet

Semarang, Gatra.com - Tim SMART IT dari PT Perkebunan Nusantara IX berhasil menjadi pemenang dalam perhelatan Planters Innovation Summit (PIS) 2022 kategori Technology Breaktrough yang diselenggarakan di Jakarta pada 24 November 2022 lalu.

PIS hadir sebagai acara tahunan yang dilaksanakan Holding Perkebunan sebagai ajang kompetisi untuk menciptakan inovasi dan pemberian penghargaan bagi karyawan dalam ruang lingkup PTPN Group.

Baca Juga: PTPN Group Gandeng Pertagas Niaga Manfaatkan Compressed Biomethane

Tim SMART IT PTPN IX terdiri dari Setyanto, Febri Valentino, Wahyu Susilo Prabowo, dan Teguh Budiyono. Mereka membuat karya inovasi D'FARM KARET (Digital Farming Karet).

Ini merupakan sebuah aplikasi untuk memonitoring kehadiran dan optimalisasi produktivitas komoditas karet. Inovasi ini mampu menyabet posisi pertama dalam kategori Technology Breaktrough menyingkirkan peserta lainnya yang berasal dari seluruh PTPN Group

D'Farm Karet yang dibangun oleh tim SMART IT ini memiliki beberapa fitur, di antaranya Fitur Presensi, Fitur Produksi, dan Fitur Report. Dalam paparannya, Tim menyampaikan beberapa kelebihan dari aplikasi D'Farm Karet, seperti, proses presensi dapat dilakukan secara offline atau tanpa memerlukan jaringan internet.

Jajaran PTPN IX dan Tim SMART IT saat di atas panggung usai meraih penghargaan di ajang Planters Innovation Summit (PIS) 2022. (Dok.PTPN IX)

Selain itu, mengurangi potensi terjadinya kecurangan data kehadiran, petugas timbang tidak perlu melakukan pencatatan secara manual, mengurangi redundansi data dan beban kerja, serta efisiensi biaya UID SAP hingga Rp2,3 miliar per tahun di PTPN IX.

Direktur PTPN IX - Dodik Ristiawan serta SEVP Business Support PTPN IX Affan Safiq yang hadir dalam gelaran awarding night turut bersuka cita, serta memberikan apresiasi kepada tim atas capaian membanggakan bagi PTPN IX.

“Penghargaaan ini merupakan wujud komitmen PTPN IX dalam pengaplikasian teknologi di perusahaan serta menggerakan potensi inovasi sebagai akselerator transformasi khususnya di PTPN IX dan PTPN Group secara keseluruhan,” ujar Direktur saat mendampingi tim menerima penghargaan di atas pangggung.

163