Home Ekonomi Tim Indonesia Terbaik Dunia di Gemba Challenge 2022

Tim Indonesia Terbaik Dunia di Gemba Challenge 2022

Jakarta, Gatra.com - Tim mekanik dari Indonesia menciptakan all Indonesian final dan menyabet juara pertama dan kedua pada kompetisi final Gemba Challenge 2022 di Ageo Jepang.

Gemba Challange adalah kompetisi dua tahunan yang menguji kemampuan mekanik UD Truck dari seluruh dunia. Tahun ini ada 2000 peserta mekanik UD Truck yang berkompetisi di Gemba Challange. Ini menunjukkan kemenangan tim Indonesia bukan kemenangan yang mudah.

Tahun ini  menjadi kompetisi keempat sejak tahun 2014. Setelah 4 tahun vakum, tahun ini 6 hub (regional) kembali berkompetisi untuk menjadi tim purnajual yang terbaik di dunia. Kualifikasi Gemba Challenge 2022 ini dimulai pada Februari 2022 dengan dua putaran pertama yang dilakukan secara online (teori) dan putaran final yang digelar secara langsung di UD Experience Center, Ageo, Jepang yang juga sebagai kantor pusat UD Trucks selama 2 hari, pada 9-10 November 2022 lalu.

Di putaran final ini tersaring 6 tim, yaitu dua tim dari Indonesia, satu tim dari Afrika Selatan, satu tim dari Arab Saudi, satu tim dari Thailand, satu tim dari Filipina yang berkompetisi menunjukkan keterampilan dan pengetahuan dalam penyelesaian masalah terkait kendaraan heavy duty Quester.

Gemba Challenge 2022 UD Trucks
Suasana kompetisi final Gemba Challenge 2022 di Ageo, Jepang (9-10 November 2022) (GATRA/UD Trucks)

Pada kompetisi final Gemba Challenge 2022 kali ini Indonesia menurunkan dua tim, yaitu ID team dari United Tractors yang berhasil menjadi juara pertama dan tim Keciwis dari Astra International Sales Operations yang berhasil menjadi juara kedua setelah menyisihkan finalis lainnya.

“Saya merasa sangat bangga bahwa semua tim mekanik UD Trucks utusan dari Indonesia dapat meraih kemenangan sebagai juara dalam kompetisi Gemba Challenge yang diselenggarakan secara global. Kontes ini merupakan bukti nyata bahwa seluruh sumber tenaga manusia di Indonesia dapat bekerja sama dalam memberikan pelayanan terbaik sesuai dengan standar global dan dapat memenuhi tingkat kepuasan yang tinggi bagi pelanggan setia produk UD Trucks di Indonesia. Kemenangan kali ini menjadi kado yang manis bagi UD Trucks Indonesia dalam menutup tahun 2022” ujar Vice Presiden Director UD AMI, Rachmat Samulo lewat siaran pers, Selasa (29/11/2022).

163