Home Ekonomi Pembangunan Era Jokowi Dipuji Anggota Komisi V, Yang Mana?

Pembangunan Era Jokowi Dipuji Anggota Komisi V, Yang Mana?

Jakarta, Gatra.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menekankan pembangunan infrastruktur secara merata di seluruh wilayah Indonesia mendapat respon positif dari berbagai kalangan.

Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Gerindra Sudewo mengatakan kebijakan di era Presiden Jokowi yang menggalakkan pembangunan infrastruktur tidak hanya berpusat di Pulau Jawa melainkan seluruh pelosok negeri, dinilai menghadirkan rasa keadilan bagi masyarakat.

“Jadi pemerataan pembangunan infrastruktur dilihat dari konteks pemerataan pembangunan secara nasional saya melihatnya sudah ada pemerataan dan ada keadilan terhadap semua wilayah di Republik Indonesia,” ujar Sadewo, Selasa (29/11/2022).

Sadewo mencontohkan dibangunnya Jalan Tol Trans Sumatera diyakini akan menumbuhkan sentra ekonomi baru dan menjadi akses untuk menghubungkan seluruh Provinsi yang ada di Sumatera.

“Ini kita lihat pembangunan jalan tol yang berada di Pulau Sumatera, meskipun itu sesungguhnya tidak mendesak tetapi untuk kepentingan jangka menengah dan jangka panjang perekonomian Sumatera itu dibutuhkan,” jelasnya.

Legislator asal dapil Jawa Tengah itu melanjutkan, begitu pun yang terjadi di Wilayah Sulawesi Selatan yang kini akhirnya memiliki kereta api mempermudah transportasi warga yang berada di pelosok-pelosok dan menghubungkan daerah-daerah penting di Pulau Sulawesi.

“Misalnya juga pembangunan kereta api di Sulawesi Makassar Pare-pare kemudian juga pembangunan infrastruktur yang di Pulau Papua kemudian juga transportasi laut pelabuhan pelabuhan,” bebernya.

“Kemudian juga kapalnya untuk menunjang transportasi laut supaya terjangkau biaya transportasinya, kemudian menjadi terbuka daerah-daerah yang terisolir potensi-potensi perkebunan, pertanian, perhutanan bisa memiliki yang lebih mudah untuk dipasarkan dijual,” sambung Sudewo.

Untuk itu, anak buah Prabowo Subianto itu menilai kebijakan Presiden Jokowi memberikan keadilan bagi masyarakat. “Saya melihatnya secara umum pembangunan infrastruktur pada pemerintahan Pak Jokowi ini sudah memberikan rasa keadilan,” ucapnya.

Selain itu, kata Sudewo pembangunan infrastruktur yang merata di semua wilayah dapat mengurangi ketimpangan ekonomi antar daerah.

“Secara otomatis dengan pemerataan pembangunan terhadap wilayah-wilayah di Republik ini baik di pedalaman baik yang di pulau terluar itu pasti akan mengurangi ketimpangan akan mengurangi gap pembangunan perekonomian itu sudah pasti,” jelasnya.

Lebih lanjut Sudewo menekankan pembangunan infrastruktur sebaiknya mengutamakan dua hal utama yaitu membuka pertumbuhan ekonomi serta mengintegrasikan konektifitas baik jalur darat, laut dan udara.

“Prioritas utama pembangunan infrastruktur itu adalah pembangunan infrastruktur yang kondisi mantap, utamanya pada jalur perekonomian yang vital seperti Pantura jalur perekonomian antar kabupaten,” paparnya.

“Kemudian juga prioritas yang kedua adalah konektivitas dari pusat-pusat perekonomian dan juga konektivitas dari pelayanan transportasi vital misalnya pelabuhan dengan jalan nasional misalnya bandara dengan jalan raya seperti itu harus di titik beratkan penganggaran pembangunan infrastrukturnya.” Pungkas Sudewo.

119