Home Pendidikan Politeknik APP Jakarta Berhasil Cetak 549 SDM Industri

Politeknik APP Jakarta Berhasil Cetak 549 SDM Industri

Jakarta, Gatra.com - Kementerian Perindustian melalui salah satu Unitnya Politeknik APP Jakarta di tahun 2022 ini berhasil mencetak 549 SDM Industri. Sekitar 70% di antaranya telah bekerja.

Sebanyak 437 lulusan APP Jakarta diwisuda pada hari ini, Rabu (30/11) di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta. 384 wisudawan di antaranya berasal dari jenjang D3 dan 53 wisudawan D1.

Sebelumnya Politeknik APP Jakarta, telah melepas 80 lulusan dari program D1 di Jawa Timur, Sulawesi Selatan, dan Kalimantan Selatan. Selain itu juga 32 lulusan D1 di Bali telah diwisuda.

Kepala Pusat Pembinaan, Pendidikan dan Pelatihan Sumber Daya Manusia Aparatur, Dadi Marhadi mengatakan bahwa SDM industri memiliki peran penting dalam mendukung kinerja industri nasional.

"Untuk itu, pembangunan SDM industri sebagai pilar penting di samping investasi dan penguasaan teknologi, akan terus dilakukan dalam melahirkan SDM yang kompeten dan berdaya saing global," katanya di Jakarta, Rabu (30/11).

Ia menyebut, visi politeknik yakni menjadi penyelenggara pendidikan vokasi industri yang excellence dan berdaya saing global. Kebijakan ini sejalan dengan orkestrasi pemerintah dalam melakukan revitalisasi pendidikan dan pelatihan vokasi yang tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 68 Tahun 2022.

"Kunci keberhasilannya terletak pada kerja sama yang baik antara lembaga pendidikan dengan industri dalam mencetak lulusan yang langsung dapat bekerja di industri," ucapnya.

Oleh karena itu, Dadi mengajak unit pendidikan vokasi termasuk Politeknik APP Jakarta untuk membangun profesionalitas dalam mengelola lembaga pendidikan vokasi. Sehingga biaa menjadi bagian ekosistem dalam mendukung kemajuan industri nasional.

177