Home Hiburan Jangan Sekedar Viral, Konten Medsos Diminta Juga Selipkan Nilai Moral dan Etika

Jangan Sekedar Viral, Konten Medsos Diminta Juga Selipkan Nilai Moral dan Etika

Jakarta, Gatra.com - Ketua Tim Literasi Digital Sektor Kelompok Masyarakat Kemenkominfo, Rizki Ameliah mengajak masyarakat dalam memanfaatkan media sosial untuk tak hanya sekedar mengejar viral. Namun didalamnya, moral dan etika tetap harus menjadi pola pemikiran utama.

Menurut Rizki, mengejar viral dalam pembuatan konten media sosial bukanlah sesuatu yang salah. Hanya saja, masyarakat perlu mengingat untuk tetap menjaga teguh nilai moral dan etika didalamnya.

"Dalam membuat konten ataupun masuk ke konten orang lain, kita sebaiknya tidak langsung berkomentar negatif atau semacamnya. Maka dari itu, etika yang kita tanam di dunia nyata seharusnya juga diterapkan didalam dunia maya,” ujar Rizki dalam Keterangannya, Rabu (30/11).

Sementara itu, hadir sebagai narasumber, punggawa Podkesmas: Ananda Omesh, Angga Nggok, Surya Insomnia, dan Imam Darto pun memberikan pandangannya tentang nilai moral dan etika dalam sebuah pengkaryaan konten.

Angga Nggok pun memberikan tips dan trik membuat konten yang menghibur tanpa menghilangkan moral. Caranya, adalah dengan tetap menyelipkan pesan moral yang ingin selalu disampaikan kepada audiens.

"Konten yang menghibur tetap harus mempunyai border atau batasan, bukan hanya berisi candaan yang tidak mempunyai edukasi. Seringkali ditemui beberapa orang yang membuat konten diluar nalar yang hanya mengincar viral saja tanpa mementingkan pesan positifnya.” jelas Angga Nggok.

Hal serupa pun disampaikan Imam Darto. Menurutnya, dalam pembuatan konten lebih baik dikedepankan sebuah konsep yang original dan jangan hanya terpaku pada tren viral.

“Lebih baik kita membuat konten yang original dan mempunyai branding tersendiri atau be yourself,” tambah Imam Darto.

54