Home Olahraga Pertandingan Kosta Rika Kontra Jerman Bakal Dipimpin Wasit Perempuan

Pertandingan Kosta Rika Kontra Jerman Bakal Dipimpin Wasit Perempuan

Jakarta, Gatra.com - Pertandingan terakhir Grup E Piala Dunia 2022 yang mempertemukan Timnas Jerman kontra Kosta Rika di Stadion Al Bayt, Jumat (2/12/2022) dini hari WIB, akan dipimpin oleh tiga wasit perempuan. Pengumuman bersejarah ini disampaikan langsung oleh akun resmi Twitter FIFA, @FIFAWORLDCUP.

FIFA menyebut bahwa ini merupakan sejarah di mana pertama kalinya sebuah pertandingan Piala Dunia laki-laki dipimpin oleh wasit perempuan. Adapun ketiga wasit perempuan tersebut adalah wasit asal Prancis Stéphanie Frappart, beserta dua asistennya Neuza Back (Brasil) dan Karen Diaz (Mexico).

"Seperti biasa, kriteria yang kami gunakan adalah 'mengutamakan kualitas' dan ofisial pertandingan yang dipilih mewakili level wasit tertinggi di seluruh dunia," ujar Ketua Komite Wasit FIFA, Pierluigi Collina, seperti dikutip dari Bleacherreport (1/12).

Nama Frappart sebagai wasit juga bukan nama asing di jagad sepak bola. Perempuan berusia 38 tahun itu juga pernah menorehkan rekor sebagai wasit perempuan pertama yang memimpin pertandingan Liga Prancis dan Liga Champions.

Selain Frappart, dua wasit lainnya yang turut menjadi ofisial di Piala Dunia kali ini adalah Salima Mukansanga dari Rwanda dan Yamashita Yoshimi dari Jepang. Selain Back dan Diaz, juga ada Kathryn Nesbitt asal Amerika Serikat sebagai asisten wasit perempuan.

109