Home Ekonomi Jokowi Desak Pemerintah Pusat dan Daerah Segera Belanjakan Sisa Anggaran Tahun 2022

Jokowi Desak Pemerintah Pusat dan Daerah Segera Belanjakan Sisa Anggaran Tahun 2022

Jakarta, Gatra.com - Presiden Joko Widodo alias Jokowi lagi-lagi mendesak pemerintah pusat dan daerah segera membelanjakan sisa anggaran tahun 2022. Khususnya untuk belanja modal dan belanja sosial.

"Saya minta percepat realisasi belanja di APBN maupun APBD," ujar Jokowi dalam Penyerahan DIPA dan Daftar Alokasi Transfer ke Daerah Tahun Anggaran 2023 di Istana Negara, Kamis (1/12).

Adapun laporan Kementerian Keuangan per 30 November 2022, masih ada dana daerah sebesar Rp278 triliun yang tersimpan di bank dan belum dibelanjakan. Sementara realisasi belanja nasional sudah masuk angka 76% dan realisasi belanja daerah baru sekitar 62%. Padahal sisa satu bulan lagi hingga tahun 2022 berakhir.

Jokowi mengingatkan agar pemerintah pusat dan daerah bisa secara detail membelanjakan anggaran yang ada dan negara tidak terjebak dengan rutinitas sehingga lalai dalam merealisasikan anggaran.

"Saya minta seluruh Kementerian, Kepala Lembaga dan juga Pemerintah Daerah mengendalikan secara detail belanja-belanja yang ada," katanya.

Di samping itu, Jokowi juga menegaskan bahwa belanja anggaran baik itu APBN maupun APBD harus diprioritaskan pada pembelian produk dalam negeri. Terutama produk-produk hasil usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). "Ini juga sudah berkali-kali saya ingatkan," ucapnya.

Jokowi juga mendorong para Pemerintah Daerah, baik Gubernur, Bupati maupun Walikota untuk selalu memantau pergerakan inflasi di daerah masing-masing. Menurutnya, isu inflasi saat ini menjadi momok menakutkan bagi seluruh negara.

"Saya minta perhatikan dari waktu ke waktu, dari jam ke jam," imbuh Presiden.

115